Bupati Kalatiku Paembonan menyerahkan pataka kepada Ketua Baranato, Djuli Mambaya usai pelantikan pengurus Baranato 2018-2021

KabarToraja.com — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menghadiri pelantikan pengurus Barisan Anti Narkoba Toraja (Baranato), di Gedung PPGT Pusat, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Selasa 10 Juli 2018.

Dalam pelantikan tersebut Bupati juga secara resmi menandai hadirnya Baranato di Toraja dengan memberikan pataka kepada Ketua Baranato, Djuli Mambaya (DJM) yang disaksikan bersama para pengurus Baranato yang baru saja dilantik.

Ketua Panitia pelantikan Baranato, Yoel Datu Bakka melaporkan dalam sambutannya jika sebanyak 25 pengurus dilantik dihadapan Bupati Toraja Utara dan juga pihak dari BNNK Tana Toraja serta para undangan yang hadir.

“Jadi hari ini 25 pengurus Baranato dilantik, dimana LSM ink mampu bersinergi dengan pemerintah dan lebih berperan aktif dalam memerangi narkoba di Toraja. Selain itu peran Baranato juga untuk lebih mengedukasi siswa sekolah, dimana generasi penerus tersebut lebih intens untuk diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba” kata Yoel.

Sementara itu Ketua Baranato, Djuli Mambaya mengatakan jika kerjasama antara BNNK, Kepolisian dan Pemda setempat akan terus dilakukan. Dimana Baranato hadir tidak sekedar dibentuk namun berperan untuk kepada sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya narkoba.

“Peran Baranato hanya melakukan sosialisasi dan juga mencegah hadirnya barang haram tersebut masuk ke Toraja. Agar kerja tidak tumpang tindih makanya tugas BNN dan Kepolisian memang yang melakukan penindakan, kalau Baranato akan lebih kepada edukasi kepada masyakat. Dimana saat ini kita lebih gencar memerangi narkotika masuk ke Toraja” kata DJM.

Kepada kabartoraja.com DJM menbahkan jika program kedepan Baranato setelah Rapat Kerja akan lebih sibuk melakukan sosialisasi ke lembang-lembang dan berupaya untuk lebih kepada pencegahan akan bahaya narkoba.

Lebih tegas DJM megatakan jika tujuan kehadiran Baranato untuk membebaskan Toraja dari penyalahgunaan obat terlarang yakni Narkoba.

“Jelasnya Baranato hadir untuk membebaskan Toraja dari penyalahgunaan obat terlarang tersebut yakni Narkoba,”tambahnya.

Sementara itu Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan lebih tegas mengatakan jika paling siap menjalin kerjasama untuk memberantas peredaran narkoba di Toraja Utara. Ia juga meminta peran Baranato untuk membantu Pemda dalam menyelamatkan generasi masa depan masyarakat Toraja.

“Kita paling siap, apalagi kalau kita menjalin kerjasama Baranato untuk melakukan pencegahan masuknya obat-obat terlarang di wilayah Toraja, biar generasi kita ini terselamatkan dari bahaya Narkoba,”ujar Bupati Kalatiku.

Pelantikan Baranato juga dihadiri beberapa tokoh masyarakat, BNNK Tana Toraja, Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Tokoh masyarakat dan agama, siswa sekolah SMP dan SMA serta para ormas Pemuda Pancasila dan juga KNPI Toraja Utara.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY