eksekusi rumah di bantaran sungai [Ilustrasi]

KabarToraja.com — Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol) dan Pemadam Kebakaran, Yoel Tandiembong yang baru saja dilantik oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mendapat mandat langsung untuk melakukan eksekusi rumah yang masih berada di bantaran sungai. Hal tersebut ditegaskan Kalatiku saat memberikan sambutan di ruang pola, kantor Bupati Toraja Utara. Senin 8 Januari 2018.

“Jabatan Satpol PP sangat penting, karena dalam rangka pembinaan dan penataan, saya meminta agar rumah yang masih ada dibantaran sungai untuk di eksekusi. Ini menjadi tugas baru bagi pejabat baru tersebut dan melaksanakannya segera”kata Kalatiku Paembonan.

Kalatiku menambahkan jika masih adanya rumah-rumah yang ada dibantaran kali sangat menggangu kerapihan dan keindahan Toraja Utara. Ia menegaskan jika Toraja Utara adalah kota pariwisata, untuk itu ia meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar segera melakukan penyelesaian rumah yang masih ada di bantaran kali sungai di Toraja utara.

“Kita sudah tiga kali peringati warga tersebut. Dan tiga kali kita minta untuk dilakukan pombongkaran. Ini sangat merusaka tatanan kota kita, untuk itu saya minta segera melakukan pendekatan persuasif dahulu, jika tidak diindahkan kita selesaikan”tegas Kalatiku.

Untuk diketahui masih ada beberapa rumah yang berdiri di bantaran sungai Sa’dan. Dikabarkan jika di Kecamatan Karassik, Toraja Utara masih ada beberapa rumah yang mendirikan bangunan di bantaran sungai Sa’dan.

Sementara itu jika merujuk pada Permen PUPR 28 Tahun 2015 terkait penetapan garis sempadan sungai dan danau dilarang mendirikan bangunan. Namun saat ini masih ada warga terlihat bertambah membangun di sekitar bantaran sungai. Dikabarkan sebelumnya Kalatiku menyiapkan 300 unit rumah bagi warga yang ada di bantaran kali, dimana disipakan diwilyaha Panga’Toraja Utara. [FZ]

LEAVE A REPLY