Isak tangis keluarga saat jenazah tiba di rumah duka [Andarias padaunan]

KabarToraja.com — Karmila Ratte Tiboyong balita berusia 4 tahun berangkat bersama ibunya Herlina (43 tahun) dari rumah di Lembang Belau Utara, Kecamatan Masanda, Tana Toraja menggunakan transportasi ojek menuju Puskesmas Di Kecamatan Bittuang karena sakit. Namun saat sampai di puskesmas Karmila yang lemas karena sakit tak dibantu pihak puskesma karena alasan tak bisa melayani masyarakat dari luar wilayah.

Dimana Karmilah bocah 4 tahun merupakan warga Masanda dan ingin mendapatkan perawatan di Puskesmas Bittuang namun ditolak perawat. Herlina ibunda Karmila menceritakan jika anaknya tak bisa dirawat di Puskesma Bittuang karena diluar wilayah domisili pasien di Masanda.

“Kata perawat di Puskesma itu, kami bukan warga Bittuang dan harus membawa anak saya di Makale dan anak saya sudah sekarat kasihan”kata Herlina ibu Karmila kepada KabarToraja.com

Lanjut Ibu Herlina menceritakan jika ia membawa anaknya menggunakan Ojek menuju puskesmas di Bittuang namun ditolak dan diminta perawat untuk dirawat ke Kota Makale. Namun tak sampai di Makale, ibu Herlina tak mendapatkan pertolongan dan tengah perjalanan Ibu Herlina sempat menyinggahkan anaknya di Puskesmas Ulu Salu. Namun nyawa Karmila tidak tertolong dan meninggal dunia.

“Kami berharap kepada Puskesmas untuk mengantarkan anak saya menggunakan ambulance ke Makale, namun di Puskesmas Bittuang tidak membantu akhirnya kami sewa carteran mobil dan kami singgah di Puskesmas Ulusalu disitu anak saya tak tertolong”tangis Herlina.

Jenazah Karmila saat ini disemayamkan di rumah duka diĀ Lembang Belau Utara, Kecamatan Masanda, Tana Toraja

Penulis: Andarias
Editor: Fritz Wongkar

LEAVE A REPLY