[Ilustrasi]

KabarToraja.com — Menyandang gelar sarjana dari kampus favorit merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun hal tersebut banyak yang tidak dapat mewujudkannya karena biaya kuliah di kampus favorit dambaan tersebut, berharap mendapatkan gelar sarjana kerap sebagian orang berpikiran jika itu menjamin kehidupan lebih baik.

Meskipun demikian menyandang gelar sarjana tidak menjadi pilahan satu-satunya untuk menjadi kaya atau mapan. Namun tanpa meraih gelar sarjana pun dapat membuat kita jadi kaya dan berpenghasilan lebih.

Menjadi kaya dengan prestasi akademik memang dikait-kaitkan dari gelar sarjana S1, S2 bahkan gelar doktor hingga gelar professor yang dimiliki juga banyak yang menilai jadi patokan orang sukses dan kaya. Namun mereka yang notabene berlebihan dalam hal finansial, tidak semuanya berstatus sarjana.

Ada beberapa pengusaha sukses tanpa memiliki gelar sarjana, sebut saja Mark Zuckerberg pemilik Facebook dimana sebelumnya ia dikeluarkan dari kampusnya atau DO. Ia pun memulai karirnya sebagai pemrogram komputer dan pengusaha Internet, dan kini menjadi CEO sukses karena Facebook yang diciptakannya. Selain itu ada beberapa pejabat negara juga yang hanya tamatan SMA tanpa gelar sarjana, dialah Menteri Perikanan dan Kelautan RI, sebelum jadi Menteri ia juga merupakan CEO dari maskapai penerbangan Susi Air.

Namun pekerjaan apakah yang dilakukan agar bisa menjadi orang kaya dan sukses tanpa meraih gelar sarjana, berikut tipsnya untuk menjadi oramng kaya tanpa memiliki gelar sarjana.

1. Menjadi Pramugari dan Pramugara
Bagi kamu yang memiliki postur tubuh yang proporsional, bahkan cenderung tinggi, kamu juga bisa mendaftar sebagai pramugara atau pramugari maskapai penerbangan. Syarat untuk menjadi Pramugara atau Pramugari ini cukup memiliki ijazah SMA saja, serta tinggi badan untuk pria minimal 170cm, dan wanita minimal 160 cm. Kamu juga diharuskan tidak memiliki masalah dengan mata (tidak berkacamata). Gaji yang bisa didapat dari pekerjaan ini sekitar belasan juta rupiah setiap bulannya.

2. Menjadi Artis atau Bintang Film
Pekerjaan yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang artis atau bintang film. Kebanyakan dari artis dan aktor saat ini yang telah meraih sukses, bahkan membintangi banyak film, ternyata tidak semua bergelar sarjana. Modal untuk bisa menjadi seperti mereka adalah bakat berakting dan tingkat percaya diri yang tinggi. Selain itu, penampilan juga harus diutamakan.

Kamu yang sudah memenuhi syarat tersebut, bisa mulai mengikuti audisi-audisi yang biasanya diadakan di beberapa kota besar. Kamu juga bisa mendaftar ke agen khusus yang sering mencetak artis ternama. Saat ini, media promosi bakat akting juga bisa kamu lakukan secara gratis lewat Youtube. Hanya dengan me-upload video dan sentuhan kreatif dari dirimu, kamu sudah bisa terkenal. Pendapatan rata-rata artis dan aktor ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

3. Penyanyi, jadi Musisi

Memainkan alat musik dan mahir memainkannya? Atau suaramu indah untuk didengar? Mungkin kamu bisa bekerja menjadi musisi atau penyanyi nanti. Menjadi musisi juga tidak perlu gelar sarjana. Yang dibutuhkan adalah keahlian kamu dalam memainkan ala-alat musik serta membuat lagu.

4. .Pengembang Situs
Kamu yang berlatar belakang pendidikan IT atau memiliki skill di bidang tersebut, bisa menjadi pengembang situs atau website developer. Pekerjaan ini rupanya banyak dicari saat ini. Pendapatan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang website developer mencapai belasan juta rupiah. Pekerjaan ini memang termasuk pekerjaan yang cukup sulit.

5.Buka Usaha Sendiri
Ingin mulai usaha? Tidak usah menunggu hingga menjadi sarjana. Menjadi seorang pengusaha sukses bekalnya hanya terus berlatih dan tidak mudah menyerah. Kamu bisa belajar dari para pengusaha sukses seperti Alm. Bob Sadino, yang awalnya hanya menjual telur, kemudian karena dia termasuk orang yang ulet dan kreatif, maka bisnisnya berkembang pesat hingga saat ini. tentu saja, penghasilan yang didapat juga maksimal.

Bagaimana tertarik untuk menekuni profesi tersebut meski tanpa memiliki gelar sarjana,..?

LEAVE A REPLY