Komisi Pemilihan Umum Daerah Tana Toraja mengadakan rapat koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Hotel Pantan, Rabu 16 Mei 2018.

KabarToraja.com — Komisi Pemilihan Umum Daerah Tana Toraja mengadakan rapat koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait teknis pelaksanaan perekrutan calon Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) di Hotel Pantan, Rabu 16 Mei 2018.

Rapat kordinasi ini dihadiri oleh 159 ketua KPPS se- kabupaten Tana Toraja. Dalam acara itu peserta diberi pembekalan tentang proses perekrutan anggota KPPS di setiap kecamatan.

Ketua KPUD Tana Toraja Rizal Randa mengakui beberapa keluhan terkait perekrutan anggota KPPS di kecamatan, diantaranya minimnya minat masyarakat yang mau menjadi anggota KPPS. “Ini yang jadi kendala karena masih kurangnya minat masyarakat untuk mau menjadi anggota KPPS di Tana Toraja, namun yang minat justru tidak memenuhi syarat”kata Rizal Randa.

Adapun persyaratan untuk menjadi anggota KPPS diantaranya berumur minimal 17 tahun dan harus memiliki surat keterangan berbadan sehat.

Tidak pernah menjadi anggota KPPS sebanyak 2 periode dan minimal berijazah SMA yang sudah dilegalisir.

Persyaratan itu berbeda dengan pelaksanaan perekrutan anggota KPPS pada pemilihan sebelumnya yang tidak mensyaratkan tingkat pendidikan tertentu.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY