Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tana Toraja, Frans Manguali tinjau langsung Rujab Kajari Makale dan memberikan air PDAM melalui tangki [Foto: Andarias]

KabarToraja.com — Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tana Toraja, Frans Manguali meninjau langsung rumah jabatan (rujab) Kejaksaan Negeri Makale, Tana Toraja yang dikabarkan sebelumnya tidak mengalir sejak dua hari.

Dikonfirmasi melalui selularnya, Frans Manguali mengatakan jika masalah air yang tak mengalir di Rujab Kajari Makale galian untuk pelebaran jalan di wilayah Kota Makale sehingga mengakibatkan kebocoran pipa PDAM. “Jadi ada kebocoran pipa yang terjadi saat pelebaran jalan. Dimana itu yang menjadi penyebab air tidak mengalir dibeberapa wilayah tersebut. Termasuk di rumah jabatan pak Kajari itu”kata Frans Manguali.

Frans mengatakan jika kebocoran pipa PDAM tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab kontraktor pelebaran jalan, dimana sebelumnya pihak PDAM sudah melakukan koordinasi soal penggalian tersebut. Namun kesepakatan terkait pipa bocor yang rusak akibat galian pelebaran jalan tidak diindahkan oleh pihak kontraktor jalan. Akibatnya beberapa rumah di kota Makale diwilayah tersebut mengalami gangguan aliran air PDAM.

“Kemarin kita sudah sepakati, tapi pihak kontraktor tidak konsisten, banyak sekali yang rusak pipa PDAM, akibatnya keluhan tiap hari kita terima di kantor. Ini sementara kita benahi satu persatu lagi”ujar Frans Manguali.

Dirut PDAM Tana Toraja ini juga mengatakan jika selain di Kota Makale, di wilayah Rantetayo juga kerap mengalami hal serupa, kerusakan terjadi akibat pelebaran jalan yang membuat ratusan pipa PDAM boccor hingga ratusan titik. Selain itu pipa rusak juga terjadi pada pipa induk dan hal itu juga menjadi keluhan masyarakat. Dimana saat ini kita sedang melakukan pengerjaan dan mencari titik-titik di Toraja akibat pipa yang bocor.

“Soal aliran air yang tak kunjung mengalir di Rujab Kejari Makale, hari ini juga kami bawa mobil truk tangki air untuk menyalurkan air bersih di kediaman Kajari”tambah Frans Manguali.

Diberitakan sebelumnya Kabartoraja.com jika air di rumah jabatan Kajari Makale, Jefri P Makedepua. Dimana ajudan Kajari tersebut melaporkan jika air untuk aktifitas di rumah pejabat di Tana Toraja tersebut menggunakan air galon untuk keperluan sehari-hari bahkan digunakan untuk mandi.

Ajudan Kajari, Lukas Peri Palungan sebelumnya kepada redaksi Kabartoraja.com menyampaikan jika perlunya tindakan dari PDAM Tana Toraja dikarenakan sudah dua hari tidak menggunakan air bersih di rumah jabatan Kajari Makale. Namun kini PDAM secara khusus Direktur PDAM Tana Toraja terjun langsung dan memeberikan bantuan tangki air PDAM untuk keperluan Kajari Makale.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY