Pallu Mara [Int]

KabarToraja.com — Makassar selain terkenal dengan Pallu Butung dan Palu Basa, ternyata ada variasi Pallu lainnya yang mejadi makanan wajib jika sedang di Makassar. Namanya Pallu Mara.

Masakan khas Makasar yang berbahan ikan dan Sup kuah bumbu kunyit ini berasal dari dari bahasa Makassar, Pallu berarti masakan sedangkan Mara berarti asam. Pallu Mara memiliki cita rasa segar dan gurih dan resep Pallu Mara dapat menjadi variasi sajian dalam bentuk hidangan ikan Bandeng, lho! Selain Bandeng, dapat diganti juga ikan Tongkol atau jenis ikan sesuai selera.

Sajian ikan bandeng palumara adalah salah satu menu hidangan nusantara khususnya Bugis Makassar. Hidangan ini dibuat dengan memadukan bumbu tumisan dari berbagai rempah bersama dengan ikan bandeng yang sudah dipotong-potong. Rasa dari daging ikan yang lembut dan rempah yang khas, membuat rasanya begitu khas dan lezat.

Nah, bagi anda yang ingin membuat sajian ini dirumah, maka tak perlu khawatir. Kali ini kami akan bagikan resep membuat ikan bandeng palumara khas Makasar berikut ini.

Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Bandeng Palumara Khas Bugis Makasar yang Enak, Lezat dan mudah, waktu memasak persiapan: 35 menit, Memasak: 50 menit, Total: 85 menit. Jumlah Porsi 4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Palumara Khas Makasar yang Enak, Lezat dan Mudah.

Bahan dan Bumbu Ikan Bandeng:
2 ekor ikan bandeng
bubuk merica 1 sdt
air asam jawa 2 sdm
garam 1/2 sdt
minyak untuk menumis 3 sdm
keluwak 3 buah, ambil dagingnya, rendam air panas,haluskan
Bumbu Ikan yang Diiris:
air 500 ml
kunyit 3 cm
lengkuas 2 cm
cabai merah 3 buah
bawang merah 8 butir
bawang putih 3 siung
serai 2 batang, ambil bagian putih
daun jeruk purut 5 lembar, remas-remas
Cara Membuat Ikan Bandeng Palumara Khas Makasar yang Enak, Lezat dan Mudah

Tips Membersihkan Ikan Bandeng Sebelum Diolah:
Hal pertama bisa dilakukan dengan membersihkan ikan bandeng segar yang sudah ada. Cara ini penting sekali, karena selain untuk menghilangkan kotoran yang ada pada ikan, juga ada beberapa bagian pada ikan yang harus dibuang karena bagian ini tidak akan digunakan. Bagian yang pertama yang akan dibersihkan adalah bagian sisik ikan. Untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan bantuan sendok untuk mengerik sisik ikan hingga bersih. Setelah itu, bilas ikan dengan air hingga merata.

Setelah selesai, bersihkan bagian jeroan ikan dengan membelah perut ikan menggunakan pisau. Jika bagian perut telah terbuka, silahkan jangkau jeroan ikan dengan tangan dan bersihkan, pastikan tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa dibagian dalamnya.
Kemudian, bersihkan insang yang ada dikepala ikan. Caranya, lepaskan lapisan insang dari kepala ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
Lalu, potong-potong ikan dengan menggunakan pisau menurut dengan selera yang anda inginkan, kira-kira cukup untuk disantap satu porsi.

Setelah itu, lumuri ikan dengan air asam jawa dan garam guna menghilangkan bau amis yang ada pada ikan. Dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Cara Membuat Ikan Bandeng Palumara:
Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan sedikit saja untuk menumis. Lalu tumis bumbu bersama dengan daun jeruk hingga bumbu layu dan mengeluarkan aroma yang harum.

Setelah itu, masukkan ikan kedalamnya dan tumis hingga ikan dan bumbu tercampur merata.Tuangkan air bersama dengan kunyit dan juga merica bubuk dan sedikit garam untuk menambah rasa. Masak dan aduk-aduk hingga bumbu dan ikan tercampur. Masak juga hingga bumbu meresap pada ikan secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji untuk kemudian dihidangkan selagi ikan masih hangat. Hidangan ini bisa disantap dengan nasi yang pulen dan bahan pelengkap lain seperti lalapan atau lauk nasi lain yang anda sukai.

Demikian resep membuat ikan bandeng masak palumara khas Makasar yang enak dan sedap. Semoga resep ini bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat, semoga bermanfaat.

Penulis: Nur Fadhilah Sophyan/KabarMakassar.com
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY