Manfaat Ampas Kopi Bagi Kulit Wajah

KabarToraja.com — Kopi menjadi salahsatu ikon dari Toraja, dimana Kopi Toraja sudah dikenal hingga ke mancanegara. tetapi siapa sangka jika ampas kopi yang kita sudah minum bisa bermanfaat bagi kulit wajah kita.

Mau tahu bagaimana cara ampas kopi bekerja untuk kesehatan kulit wajah kita, berikut beberapa manfaat ampas kopi yang dikutip dari berbagai sumber;

1. Menghilangkan Komedo dan Jerawat

Masalah komedo dan jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menimpa banyak orang. Walau bukan penyakit yang tergolong mematikan, namun jika di biarkan akan merusak dan mengganggu bagi penampilan kita. Maka dari itu, segeralah untuk mengatasinya agar tidak semakin parah. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakan ampas kopi yaitu di buatnya menjadi masker. Pertama, siapkan 5 sendok makan amaps kopi atau seperlunya. Kemudian campurkan dengan sedikit air hangat, aduk sampai membentuk adonan pasta atau krim. Lalu, oleskan pada kulit wajah hingga rata, dan biarkan sampai kering. Telakhir, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Meskipun ampas kopi berwarna hitam, namun ampas kopi juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk mengoptimalkan produksi minyak pada kulit wajah, sehingga wajah terbebas dari minyak yang berlebihan. Untuk cara membuat masker dari ampas sendiri sangat mudah, yaitu campurkan ampas kopi dengan air panas secukupnya sampai membentuk adonan pasta, kemudian oleskan pada permukaan kulit wajah sampai rata, biarkan sampai benar-benar kering. Terakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

3. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya pun sangat mudah ambil ampas kopi lalu campur dengan menggunakan putih telur dan aduk hingga rata. setelah itu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Dan bilas hingga bersih, lakukan perawatan ini secara teratur agar wajah lebih kencang dan terbebas dari penuaan.

4. Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat.

Flek hitam yang menempel pada kulit wajah seperti bekas jerawat bisa kita hilangkan menggunakan ampas kopi. Jika di biarkan kulit wajah akan tampaj gelap dan kusam. Maka dari itu, oleskan ampas kopi pada flek hitam dengan member sedikit gosokan. Lakukanlah secara rutin agar kulit menjadi cerah kembali.

5. Mengencangkan Kulit Wajah

Tidak disangka jika ampas kopi juga dapat membuat kulit wajah terlihat kencang, penuaan dini pada kulit wajah yang menyebabkan tampilan kulit menjadi keriput bisa di atasi dengan menggunakan ampas kopi. Sehingga kulit menjadi lebih kencang kembali. Lakukanlah perawatan dengan menggunakan ampas kopi ini dengan teratur dan rutin 3 kali dalam satu minggu.

6. Hilangkan Bekas Luka

Bekas luka pada wajah wajah yang di sebabkan karena iritasi atau lain sebagain tentunya akan mengganggu pada penampilan kita. Maka dari itu, atasilah segera dengan menggunakan ampas kopi. Untuk caranya sendiri, cukup dengan mengoleskan pada kulit yang terdapat bekas luka, beri sedikit gosokan kecil dan biarkan sampai kering. Telakhir, bilas dengan air sampai bersih.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ampas kopi pun bisa mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati pada kulit wajah yang menumpuk akan membuat tampilan wajah menjadi kasar, kusam, sampai menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat. Aplikasikan ampas kopi pada kulit wajah hingga merata, dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Telakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

Untuk mencoba khasiat dari ampas kopi silahkan mencoba dengan cara sederhana, sambil minum kopi jangan buang ampasnya pergunakan untuk kesehatan kulit wajah anda.

 

LEAVE A REPLY