Ari Lasso merupakan vokalis berdarah Toraja [Foto: Int]

KabarToraja.com — Grup musik legendaris asal Indonesia yakni Dewa 19 ternyata memiliki mantan vokalis berdarah Toraja, dialah Ari Bernardus Lasso atau akrab disapa Ari Lasso. Pria kelahiran Madiun 17 Januari 1973 merupakan anak bungsu dari lima bersaudara, nama Lasso merupakan nama panggilan bagi anak laki-laki dari keluarga terpandang keluarga Ari di Toraja.

Bernadus merupakan nama tengah Ari adalah nama opa buyutnya di Toraja. Sedangkan nama depannya sendiri dari Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah adik. Diakuinya beberapa waktu lalu jika di kampung halamannya yang disukai adalah kue khas “Deppa Tori'”.

Ari Lasso mengatakan jika di Jawa kalau Deppa Tori’ itu adalah kue cucur. Kue khas Toraja tersebut merupakan berbahan baku utama tepung beras, gula merah, dan wijen, kue ini tak luput jika kita telah menginjakkan kaki di Toraja dan menjadikan ole-ole.

Bakat nyanyi pria berambut panjang dan berkacamata ini ternyata tak lepas dari warisan ibundanya, Sri sang ibu sempat mengira jika anak bungsunya tersebut tak suka menyanyi. Namun selepas dibangku SMA vokalis yang bercita-cita jadi Tentara ini menggemari musik dan mulai sejak dibangku SMA Ari memainkan gitarnya dan kerap mengunci dan mengurung diri dikamar dan melantunkan lagu-lagu rock barat di kaset tape miliknya.

Ari bahkan menggemari lagu-lagu dari Bon Jovi, bahkan sejak di bangku SD, Ari yang kecil disapa “Si Endut” ini sering diputarkan lagu oleh kakaknya seperti lagu dari Queen, Rolling Stones, The Police, Rod Stewart, dan John Denver.

Cerita Bergabung di Dewa 19

Di tahun 1990, ia mulai berkenalan dengan Ahmad Dhani yang kini masih bertengger sebagai presiden di Republik Cinta Managemen, Dhani saat Ari dibangku kelas 3 SMA mengajaknya bergabung meskipun keduanya berbeda selera musik kala itu.

Suami Mulan Jamila ini mulai terkesan saat Ari Lasso menyanyikan lagu Chicago, Hard to Say I’m Sorry. Saat itu Dhani juga sedang berencana mengubah format band yang dipimpinnya saat itu, Down Beat Band, dan menggantikan penyanyinya yang wanita dengan penyanyi laki-laki. Ari pun direkrut sebagai vokalis baru Down Beat Band .

Ahmad Dhani bersama Erwin, Wawan, Andra, dan Ari sepakat untuk menghidupkan kembali band Dewa yang pernah mereka dirikan saat masih sama-sama duduk di SMP (1987). Nama Dewa diambil dari huruf depan para personelnya. Karena nama depan Ari juga diawali huruf ‘A’, mereka tak perlu mengubah nama band. Selanjutnya, mereka sepakat menambahkan ‘19’, karena di tahun 1991 itu, saat menyatu dalam Dewa, umur kelimanya sama-sama 19 tahun. Maka, lahirlah kelompok band Dewa 19.

Saat setahun kemudian, Dewa 19 meluncurkan album perdananya, industri musik Indonesia sedang didominasi kelompok Slank, Java Jive, Gigi, KLA Project, juga Kahitna. Di tengah band-band besar yang merajai pasar, album pertama Dewa 19 yang berjudul Kangen (Ku Kan Datang) ternyata berhasil terjual 300.000 keping, bahkan berhasil meraih BASF Award 1993 sebagai album terlaris.

Suara merdu dari vokalis berdarah Toraja ini sukses membawa Band asal Surabaya ini melejit, bahkan tahun 1992 Dewa meluncurkan album keduanya yang bertajuk Format Masa Depan dengan penjualan 500 Ribu Keping.

Ari Lasso dikeluarkan ddari Dewa 19 dan kini kembali sukses bersolo karier. Baru-baru ini Ari Lasso sukses menggelar konser 25 tahun “ARI LASSO SEPENUH HATI” dimana dalam konser tersebut merupakan syukuran Ari Lasso berkarier di dunia musik selama 25 tahun.

Tak tanggung-tanggung suami dari Vitta Dessy ini dalam konsernya pun menggandeng vokalis ternama di Indonesia yakni Judika, Melly Goweslaw, BCL, Anji, Andra, Oni And Friends seerta Band Ari Lasso sendiri. Meski tak melibatkan Ahmad Dhani namun dalam konsernya tersebut Dul Djaelani anak Dhani tampil apik sebagai bintang tamu.

Pelantun lagu Hampa tersebut saat ini aktif bersama band Dewa dengan konser reuni bersama alumni Dewa 19 bersama Dhani, Once Mekel dan juga Andra Ramadhan serta pentolan Dewa lainnya.

 

LEAVE A REPLY