Panitia Olimpiade Sains SMA Tana Toraja [Foto: Anda]

KabarToraja.com — Rapat persiapan Olimpiade Sains Nasional yang diadakan di Aula SMA Negeri 1 Makale, menuai kekecewaan dari Panitia pelaksana kegiatan berskala nasional ini, pasalnya sejumlah Kepala Sekolah se-Kabupaten Tator yang diundang tidak menghadiri rapat persiapan tersebut.

Ketua Panitia Olimpiade Sains Nasional, Yohana Leben mengaku kecewa karena rapat untuk kegiatan menambah pengetahuan siswa dalam lomba ini tidak dihadiri beberapa perwakilan sekolah.

“Sudah saya undang semuanya namun mereka sepelekan, jadi saya minta kepada semua kepala sekolah yang hadir di kegiatan ini agar memberikan informasi kepada Kepala sekolah yang tidak hadir agar kedepannya bisa hadir”ujar Yohana.

Data yang diterima KabarToraja.com dari Panitia Olimpiade Sains di Toraja, jika ada 5 sekolah yang diundang namun tidak mengikuti rapat untuk Olimpiade Sains Tingkat SMA diantaranya, Kepala Sekolah SMAN 12, Drs.Sinai. Kepala Sekolah SMAN 13, Drs. Piter S. Pd, M. Pd,. Kepsek SMA Kristen Miallo, Drs,.Sapa’. Kepsek SMA Adven Mebali, Verry Nicsin Lasut S.E. Dan Kepsek SMA Kristen Makale, Marthen Kala Lembang, S. Th.

Lebih lanjut Ketua Panitia Olimpiade Sains, Yohana Leben menegaskan jika kegiatan tersebut membutuhakan dana untuk menggandakan soal.

“Dari Dinas itu soalnya hanya berupa file dan nanti panitia yang gandakan sesuai jumlah peserta, namun panitia butuhkan dana untuk menggandakan soal”kata Yohana

Yohana menambahkan jika anggaran yang digunakan dalam kegiatan tersebut menggunakan angaran dana BOS dan biayanya di hitung per siswa, jika satu siswa dananya yang di kenakan sebanyak Rp27 Ribu, tapi dana tersebut ditanggung dana BOS bukan dibebankan ke siswanya .

“Ini juga kita tegaskan jika anggaran untuk kegiatan ini pakai dana BOS, bukan dibebankan kepada siswa, dan jika ada oknum kepala sekolah bebankan ke siswa maka itu adalah pungli pasalnya kegiatan ini, sudah jelas di biayai dana BOS” tegas Yohana.

Ia pun menambahkan kegiatan ini di buatakan berita acara semacam Rancangan Angaran Biaya (RAB) yang akan di pertanggungjawabkan panitia kepada pihak sekolah. hal ini disampaikan pihak panitia saat menggelar kegiatan rapat persiapan Olimpiade Sains di Aula SMA 1 Makale, Senin 12 Februari 2018.

Rapat persiapan Olimpiade Sains tingkat SMA ini juga dihadiri UPT Se-Kabupaten Tana Toraja dan beberapa Kepala Sekolah Negeri dan juga Kepsek SMA Swasta se-Tana Toraja. [Andarias/Fz]

LEAVE A REPLY