SEMARANG, 8/11 - UJIAN CPNS. Sejumlah peserta mengerjakan soal ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, di GOR Satria, di Semarang, Jateng, Minggu (8/11). Sebanyak 783 peserta ujian dengan jenjang pendidikan diploma III dan sarjana S1 itu akan memperebutkan 20 formasi yang tersedia. FOTO ANTARA/R. Rekotomo/Koz/pd/09.

KabarToraja.com — Banyaknya peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti tes yang gugur karena passing grade atau seleksi kompetensi dasar (SKD) rendah. Kini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KeMenPAN-RB) menyiapkan solusi agar bisa menekan peserta SKD CPNS yang tidak lolos passing grade.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan, peserta CPNS yang gugur karena SKD rendah belum tentu gagal. “Belum tentu gagal, ini sementara Panselnas melakukan evaluasi dan dalam waktu dekat akan segera mengumumkan solusinya.

“Panselnas saat ini sedang menyikapi perkembangan yang ada untuk mengambil langkah-langkah terbaik untuk memenuhi kebutuhan negara. Yang jelas langkah yang akan diambil tidak akan merugikan, bahkan akan menguntungkan semua pihak,” kata Syafruddin, Sabtu (17/11), kemarin.

Menteri Syafruddin memastikan formulasi yang sedang disusun agar dapat memenuhi kebutuhan CPNS yang ada tetapi tetap menghasilkan ASN yang kompetitif dan kredibel. Diingatkan bahwa SDM merupakan aset penting bagi negara untuk mengelola semua aspek. Namun, dalam pelaksanaan seleksi CPNS saat ini, kekurangan SDM dalam mengisi formasi terjadi.

Dengan tegas Syafruddin mengatakan, peraturan yang sedang disusun itu tidak mengganti PermenPAN-RB 36 dan 37 Tahun 2018. Peraturan baru itu merupakan solusi untuk menopang peraturan yang lama.

“Panselnas saat ini sedang menyikapi perkembangan yang ada untuk mengambil langkah-langkah terbaik memenuhi kebutuhan negara. Yang jelas langkah yang akan diambil tidak akan merugikan, bahkan akan menguntungkan semua pihak,” tandas Syafruddin.

LEAVE A REPLY