Kondisi Kolam Makale saat ini, Rabu 16 Mei 2018.

KabarToraja.com — Belum tuntas pengerjaan kolam Makale, kini ikon Kabupaten Tana Toraja tersebut kembali mendapatkan anggaran senilai Rp2.000.000.000. Hal tersebut disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek dari Dinas PU dan Dinas Tata Ruang Tana Toraja, Ode Sawelinggi saat ditemui KabarToraja.com diruang kerjanya. Rabu 16 Mei 2018.

Ia menjelaskan jika sebelumnya pengerjaan penempatan air mancur ditiga titik arela kolam sempat tertunda, dimana pengerjaan diberikan kepada CV Agri Forest dengan nilai anggaran pada tahun 2017 lalu senilai Rp2.206.555.000.

“Pengerjaan tahun 2017 sempat tertunda dan tahun ini (2018) kita kembali dianggarkan untuk pengerjaannya dengan nilai Rp2 Milliar”kata Ode.

Terpisah dengan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae membenarkan jika tahun 2018, kolam Makale kembali mendapatkan anggaran senilai Rp2 Milliar untuk pengerjaan plat atau mangkok stand air mancur.

“Tahun 2018 anggaran kolam Makale Rp2 Milliar, ada dua dinas terkait yang menangani hal tersebut yakni Dinas PUPR dan Dinas Tata Ruang, silahkan hubungi secara detail soal peruntukan anggarannya”ujar Nicodemus saat ditemui di Gedung Tammuan Mali, Rabu 16 Mei 2018.

Sementara itu hingga saat ini Kepala Dinas Tata Ruang Tana Toraja, YD Pamara saat ini belum dapat dikonfirmasi. Bahkan informasi yang diterima KabarToraja.com dari salahsatu staf Dinas PU PR mengatakan jika Kepala Dinas berada acara keluarga di Sangalla. “Pak Kadis ada acara keluarga di Sangalla hari ini”kata salahsatu staf YD Pamara.

Diketahui jika sampai saat ini pengerjaan kolam Makale tertunda, bahkan air mancur yang dikabarkan sudah bisa di nikmati masyarakat Toraja dan wisatawan yang berkunjung belum bisa menikmati keindahan kolam tersebut yang telah dianggarakan Rp2 Milliar lebih.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY