Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto Sirait

Kabar Toraja.com — Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tana Toraja, AKBP Julianto sesalkan tindakan Pemerintah Kabuptaen Tana Toraja terkait hasil sitaan dan temuan ikan berformalin. Dimana hasil sitaan dan ntemuan ikan berformalin tersebu tak diproses ataupun diserahkan sebagai barang bukti ke Polres Tana Toraja.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto Sirait mengatakan jika sangat disayangkan tindakan Pemkab Tana Toraja yang melakukan penyitaan barang bukti ikan berformalin dan memproses pemilik barang bukti tersebut untuk di proses hukum.

“Sangat kami sayangkan, dimana pemilik dan barang buktinya tidak diserahkan kepada kami (polres Tator). Mestinyakan tindaklanjut ini melibatkan kami untuk diproses, kenapa dimusnahkan barang bukti tersebut”kata AKBP Julianto Sirait.

Terpisah dengan Pelaksana tugas (plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tana Toraja, Samuel T Bura yang juga Ketua Tim Terpadu mengatakan jika pihaknya melakukan pemusnahan tersebut dengan segera karena sudah emmsauki bulan suci ramadhan. Untuk itu Pemkab melakukan pemusnahan di belakang kantor Bupati.

“Kita hanya berikan teguran dulu sama pemiliknya, inikan bulan suci Ramadhan. Untuk itu kami hanya berikan teguran saja dulu kepada pemilik ikan berformalin tersebut dan langsung memusnahkannya”ujar Samuel kepada KabarToraja.com

Semuel menambahkan jika kedepan pihaknya akan lebih proaktif, dimana jika masih ada yang ditemukan lagi kita langsung serahkan kepada pihak Kepolisian untuk diproses secara hukum.

“Kita juga tidak akan berhenti di sini saja, tapi kita akan lanjutkan lagi kedepanya. Kalau pun masih ada yang ditemukan dengan tegas kita langsung serahkan ke Polisi untuk ditindaklanjuti proses hukumnya”tambah plt Sekda, Selasa 29 Mei 2018.

Untuk di ketahui beberapa waktu lalu jumlah ikan berformalin yang di musnakan sebanyak 1,6 Ton, yang di sita olah Tim Terpadu di beberapa pasar di Tana Toraja yang melibatkan Satpol PP, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, dan Polisi.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY