[Int]

KabarToraja.com — Jelang piala dunia 2018 Tim Nasional (Timnas) Argentina mengalami kekalahan telak dalam laga pemanasan (uji tanding) di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid. Selasa 27 Maret 2018. Skor 6-1 untuk tuan rumah Spanyol membungkam perlawanan “Tim Tanggo”.

Di babak pertama Argentina tak mampu membendung dua gol yang bersarang di gawang Sergio Romero. Asuhan Julen Lopetegui sudah unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan 12 menit. Diego Costa membobol kiper Argentina lewat tembakan dari jarak dekat setelah menerima umpan terobosan dari Marco Asensio. Tak lama berselang Isco yang tampil gemilang kembali membuat unggul 2-0, dimana umpan mendatar Asensio dari sisi kanan tidak disia-siakan Isco untuk membobol gawang Argentina yang kini dikawal Willy Caballero.

Diakhir babak pertama Timnas Argentina mampu memperkecil kekalahan dengan skor 2-1 berkat gol Nicolas Otamendi yang mendapat umpan matang dari tendangan sudut, Kiper David De Gea tak mampu mengantisipasi sundulan keras tersebut sehingga Argentina mampu membalas.

Masuk di babak kedua asuhan Julen Lopetegui kembali mendapatkan performa terbaiknya. Kepiawaian seorang Isco terbukti dibabak kedua dengan empat gol tambahan bersarang ke gawang Argentina. Bahkan Isco mencetak dua gol tambahan pada menit ke-52 dan 74 untuk melengkapi hattricknya di laga tersebut.

Sementara gol dari Thiago Alcantara (55′) dan Aspas (73′) melengkapi performa mengesankan timnas Spanyol di hadapan publik sendiri. Dalam laga tersebut bintang Barcelona yang berkebangsaan Argentina, Lionel Messi tidak bermain dilaga tersebut. Bahkan Messi disebut-sebut pemain yang berpengaruh di Timnas Argentina.

Untuk diketahui jika Dalam sejarah keikutsertaan di pentas sepak bola internasional, kekalahan dengan jarak lima gol merupakan yang terburuk bagi Argentina. Pengalaman buruk Argentina yang perdana terjadi pada 1958.

Negara pertama yang mengalahkan Argentina dengan skor 6-1 adalah Cekoslowakia pada tahun 1958 dalam ajang Piala Dunia, tepatnya di fase grup. Ketika itu Argentina menjadi juru kunci Grup 1.

Setahun berselang setelah dibantai Cekoslowakia, Argentina kembali menelan kekalahan telak dengan jarak lima gol. Pada pertandingan Piala Extra America, Uruguay menggunduli Argentina 5-0.

Berikut Susunan pemain Spanyol vs Argentina;

Spanyol
Formasi: 4-3-3

1-David de Gea; 2-Dani Carvajal, 3-Gerard Piqué, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 8-Koke, 10-Thiago Alcántara, 6-Andrés Iniesta (7 Saúl Ñíguez 56′); 22-Isco, 19-Diego Costa (17-Iago Aspas 46′), 20-Marco Asensio
Pelatih: Julen Lopetegui.

Argentina
Formasi: 4-3-2-1

1-Sergio Romero; 26-Fabricio Bustos, 17-Nicolás Otamendi, 16-Marcos Rojo, 3-Nicolás Tagliafico; 6-Lucas Biglia, 14-Javier Mascherano; 20-Giovani Lo Celso, 19-Éver Banega, 27-Maximiliano Meza; 9-Gonzalo Higuaín
Pelatih: Jorge Sampaoli.

Editor: Fritz V Wongkar/Berbagai Sumber

 

LEAVE A REPLY