KabarToraja.com — Ikatan Pemuda Pelajar Simbuang Mappak (IPPEMSI) Makassar menggelar pelatihan jurnalistik di Hotel Adipura Makassar, Jumat 8 Juni 2018. Hadir sebagai pemateri Branch Manager (BM) KabarMakassar.com Fritz V Wongkar.

Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut dibuka oleh Ketua IPPEMSI Makassar, Agustinus Risal. Dalam sambutannya ia mengatakan jika kegiatan yang digelar tersebut untuk mengajak pemuda-pemudi simbuang mappak memamahami tentang jurnalistik dan juga tentang bagaimana sikap menjaga profesionalisme dalam berorganisasi dan bekerja.

“Ini kami syukuri bisa menghadirkan media online yang bersertifikasi dewan pers untuk membawakan materi pelatihan jurnalistik, serta mengajak kami untuk bisa membangun kerja-kerja profesionalisme”kata Risal sapaan akrab Ketua IPPEMSI Makassar.

Risal menambahkan jika hadirnya sebuah media yang independen seperti KabarMakassar.com ini bisa membawa kami untuk lebih profesional dalam berorganisasi termasuk kami di pemuda-pemudi Simbuang Mappak.

“Belajar jurnalistik dan memahami kerja-kerja jurnalis sangat membantu kami dalam melakukan aktifitas kegiatan-kegiatan kami dan ini juga mampu membantu suara-suara kami ini bisa tersalurkan melalui karya atau tulisan kami dalam bentuk karya jurnalistik”tambah Risal

Sementara itu BM KabarMakassar.com, Fritz V Wongkar mengatakan jika IPPEMSI Makassar adalah organisasi yang sangat luarbiasa dalam membangun daerahnya dan dalam pelatihan ini mereka mampu bisa memahami kerja-kerja jurnalis dan bagaimana secara profesional dalam melakukan tugas dan tanggung jawab.

“IPPEMSI ini luar biasa, dia mau belajar jurnalistik dan bagaimana mau melihat profesionalisme kerja jurnalis, nah itu bisa dia terapkan dalam organisasinya. Saya kira ini menjadi contoh bagaimana IPPEMSI mampu memperjuangkan hak-hak masyarakat Simbuang Mappak dalam membangun infrastruktur dengan cara membuat karya jurnalistik tentang keadaan yang ada di daerahnya, tidak hanya berorasi menyuarakan hak masyarakat tetapi mereka juga mampu menyamaikan aspirasinya melalui karya jurnalsitik mereka dengan cara dilatih menulis berita. Ini luarbiasa karena mereka berjuang”kata Fritz.

Fritz menambahkan jika tidak banyak yang organisaasi pemuda dan pelajar mau belajar jurnalistik, tetapi IPPEMSI Makassar mampu membuktikan melalui pelatihan jurnalistik tersebut.

Untuk diketahui pula jika kegiatan Pelatihan Jurnalistik berlangsung selama sehari yang dimoderatori oleh Desi Bendahara Umum IPPEMSI Makassar dan dihadiri puluhan anggota IPPEMSI Makassar serta kegiatan tersebut juga dihadiri dari berbagagai organisasi lainnya dan dari Mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

Penulis: Andarias
Editor: Muh Fajar Nur

LEAVE A REPLY