Papan Ucapan Selamat Datang Makale di Kilometer 5 Mengkendek [INT]

KabarToraja.com — Ucapan “Selamat Datang Kota Makale Toraya Maelo” yang mendapat banyak kritikan ternyata juga mendapat anggaran yang cukup besar. Dimana APBD untuk pembangunan papan ucapan selamat datang yang berada tebing kilo meter 5 Mengkendek, Tana Toraja tersebut menelan Rp 513.100.000,-.

Anggaran tersebut merupakan angaran tahun 2017 dan sementara di dalam tahapan perbaikan. Pengerjaan papan ucapan selamat datang tersebut dikerjakan oleh Cv Agri Forest. dimana anggaran pembangunan, rehabilitasi kawasan permukiman ini dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan pihak kuasa Direktut CV Agri Forest.

Untuk diketahui dalam pembanguannnya CV Forest menerima uang muka 30 persen sebesar Rp153.930.000. Dimana pihak pertama PPK dan Pihak Kedua Kuasa Direktur CV Agri Forest pada tanggal 23 Oktober 2017 melakukan perjanjian kontrak kerja dengan pemberian uang muka.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat, YD Pamara’ yang di temui awak media diruangan kerjanya menyatakan jika hal tersebut untuk menanyakan langsung kepada PPK, dikarenakan ia tidak berhak memberikan komentar terkait anggaran tersebut. “Silahkan ketemu sama PKK nya pak, saya takut komentar nanti saya salah komentar”Kata UD Pamara kepada KabarToraja.com, Rabu 14 Februari 2018.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen, Ode Sawelinggi saat ditemui mngatakan jika benar anggaran tersebut tahun 2017 dan sementara dalam perbaikan. “Anggaran itu tahun 2017 dan sementara di perbaiki”kata Ode singkat.

Selain itu, tulisan Selamat Datang Kota Makale Toraja Maelo” juga mendapat sindiran beberapa netizen, dimana dalam perbincangan grup WA, dikatakan penggunaan bahasa selamat datang Kota Makale terkesan kuran tepat dalam bahasanya.

“Saya bingung dan linlung.. ingin menemukan makna dari beberapa rangkaian kata di atas. saya sudah mencari dalam penulisan bahasa indonesia (SPOK) tapi belum menemukan makna nya.. mohon bantuannya sebelum saya salah. memaknani kalimat ini ..karena persamaan yang saya dapat kira-kira seperti ini = selamat datang tato, muane ballo ..tabek mohon ke salai” Tulis Salvinus melalui pesan WA di grup “SANGTORAYAAN”.

Dimana sebelumnya beberapa perbincangan di grup WA tersebut ramai membicarakan soal tulisan “Selamat Datang Makale, Toraya Maelo”. Hal tersebut menjadi bulan-bulanan netizen baik di grup Facebook maupun grup medsos lainya, karena penggunaan bahasa yang kurang tepat dari ucapan selamat datang tersebut di Kilo meter 5 Mengkendek. [Anda/Fz]

1 COMMENT

  1. Kenapa belum di ganti ,, pemerintahnya budeg kah!! Aqu sendiri orang toraja yg jauh dri toraja tiap buka internet pasti tulisan konyol ini yg muncul. Sebelum banyak yg tahu, sebaiknya langsung di perbaiki aja.. Maluu lah aqu ini, orang luar aja banyak yg tahu kekeliruan tulisan selamat datang itu..

LEAVE A REPLY