KabarToraja.com — Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae meminta Kepala Dinas PUPR Tana Toraja segera mempercepat jalan masuk di Bandara Buntu Kunik (BBK). Dimana jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar Jalan Nasioanl Kota Ge’tengan Kelurahan Rantekalua’, Mengkendek ke Bandara Buntu Kunik.

Dalam peninjauan langsung Bupati Tator beserta pejabat Lingkup Pemkab yang hadir yakni Kepala Bappeda Tana Toraja Yunus Sirante, Camat Mengkendek, S. Sampelino, S. Pt, M.Si, Dinas PUPR yang diwakili oleh Sekertaris, Yulieyanty M, dan Kabid Binamarga Gersony Miri.

“Pembangunan infrastruktur jalan penghubung dari jalan Nasional Kota Ge’tengan ke BBK kurang lebih 5 km. Dibandingkan kalau kita jalur Selatan Poros Pa’tengko Batualu itu berbeda 17 KM, kalau ini terbangun maka percepatan pembangunan BBK itu bisa cepat selesai”kata Nico kepada sejumlah wartawan. Jumat 23 Maret 2018.

Iya menjelaskan jika perbandingan dengan 17 kKM dengan yang 5 KM tentunya lebih efisien kalau beda jalur, oleh karena itu Bupati langsung memerintahkan Dinas PUPR untuk mengambil langkah-langkah strategi percepatan pembangunan, jalan ke Bandara Buntu Kunik.

“Harapan kita bahwa agar aparat desa baik Lurah atau lembang di Mengkendek yang ada di sekitar Bandara Buntu Kunik (BBK) untuk mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pembangunan BBK itu adalah untuk rakyat, untuk kita semua, tentu dampaknya disitu adalah menjadi peluang usaha bagi saudara-saudara kita yang ada di sekitar Bandara Buntu Kunik”ujar Nico.

Lebih lanjut Bupati Nico mengatakan jika akan membuka peluang jasa bagi warga disekitar bandara nantinya, Ia mencontohkan jika semisal Tukang Ojek, Rental Kendaraaan dan tidak mungkin orang lain akan datang. “Untuk itu, karena kita akan fasilitasi saudara-saudara kita di sekitar lapangan Bandara Buntu Kunik untuk siap menerima peluang-peluang ekonomi seperti itu.

Saya berterimah kasih juga kepada semua keluarga, semua saudara-saudara kita yang telah memberikan hak Wilayahnya kepada Pemerintah Daerah Tana Toraja, sekaitan dengan pembebasan lahan”tambahnya.

Nico mengajak masyarakat yang ada di sekitar lokasi BBK dan seluruh masyarakat Toraja untuk bersama-sama mengupayakan bagaimana terlaksananya pembangunan BBK dengan baik termasuk akses masuk dari Ge’tengan ke BBK.

“Hari ini saya hadir dengan Bapeda, PUPR, Camat Mengendek, Lurah dan Tokoh Masyarakat yang ada disini, mari kita jaga semuanya, termasuk bagaimana kita menghijaukan yang gersang itu”tutup Nico.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY