Humas Dinas Pendidikan Sulsel, Ibrahim Halim

KabarMakassar.com — Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan mengaku jika sudah 100 persen siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompuster (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dimana untuk di Provinsi Sulawesi Selatan ada 979 sekolah yang mengikuti UNBK dari 24 Kabupaten dan kota di Sulsel.

Humas Dinas Pendidikan Sulsel, Ibrahim Halim mengatakan jika Disdik Sulsel sudah memastikan kesiapan UNBK di daerah. Pasalnya Unit Pelyanan Teknis (UPT) Disdik Sulsel yang berada di wilayah tersebut langsung meninjau hingga ke daerah pelosok di Sulsel. Bahkan dibeberapa daerah sudah dilakukan simulasi dan ditinjau langsung oleh UPT dilokasi.

Bahkan ia mengatakan jika di Tana Toraja dan Toraja Utara juga bakal siap mengikuti UNBK. Salahsatunya diantaranya SMK Negeri 1 Tana Toraja yang juga siap mengikuti ujian berbasis komputer tersebut dengan menampung tiga SMK lainnya yakni SMK Toraja, SMK Sikamali dan SMK Pesantren Menkendek.

“Jadi termasuk Tana Toraja juga yang siap UNBK, UPT diwilayah tersebut melaporkan jika SMK disana siap untuk mengikuti ujian berbasis komputer termasuk dibeberapa di wilayah terpencil”kata Humas Dinas Pendidikan Sulsel, Ibrahim Halim.

Sementara itu jumlah peserta UNBK di Sulsel mencapai 117.567 siswa, jumlah tersebut mencakup jumlah peserta dari 24 kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel. Dimana para peserta UNBK bakal mengikuti ujian berbasis komputer ini pada tanggal 2-5 April 2018 sedangkan SMA 9-12 April 2018.

Untuk ujian berbasis komputer yang diikuti 979 sekolah di Sulsel ini bakal memperoleh materi ujian Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejujuran. Tidak hanya itu None sapaan akrab Kadisdik Sulsel ini juga akan melakukan koordinasi dengan pihak telekomunikasi dan juga PLN guna mengantisipasi eror dan juga pemadaman listrik.

Sementara itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis kesiapan UNBK untuk SMK di Sulsel hanya mencapai 98 persen. Namun Disidk Sulsel membantah jika hal itu baru 98 persen.

“Tahun lalu saja SMK 100 persen ikuti UNBK, jadi pasti tahun ini 100 persen UNBK”tambah Ibe’ saat dihubungi via selularnya. Selasa 20 Maret 2018.

Diketahui pula jika di Tana Toraja SMK Negeri 1 Tana Toraja UNBK diikuti 409 siswa. Sekolah tersebut sudah tiga kali mengikuti UNBK dan kini ia menampung beberapa SMK untuk ikuti ujian tersebut karena jumlah siswanya tidak mencukupi yakni dari SMK Toraja 14 orang, SMK Sikamali 14 orang, dan SMK Pesantren Mengkendek 17 orang.

Editor: Fritz Wongkar

LEAVE A REPLY