Gereja Toraja dan KPU Torut Gelar Jalan Sehat

KabarToraja.com — Gereja Toraja dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara menggelar jalan sehat bersama yang dimuali dari Lapangan Bakti, Rantepao Toraja Utara, Sabtu 28 Oktober 2017. Hal ini terkait dengan memperingati HUT Gereja Toraja Utara yang ke-70 dan juga Hari Reformasi Gereja Sedunia. Sementara KPU Torut juga melakukan sosialisasi jelang pemilihan umum secara serentak yang digelar tahun 2018 mendatang.

Dalam gerak jalan santai tersebut, hadir Sekretaris Daerah Toraja Utara, Roni Rede dan beberapa staf Pemkab Toraja Utara, selain itu hadir pula Ketua KPU, Toraja Utara, Merry Parura dan juga Pnt.Dr.Ir. Adrianus Parenden, M. M selaku ketua umum panitia peringatan Hut ke-70 Gereja Toraja.

Sekda Pemkab Torut, Rede Roni mengatakan jika jalan sehat ini merupakan bentuk kerjasama KPU dengan Pemkab serta Gereja Toraja, dalam rangka sosialisasi baik itu dalam jelang Pilkada serentak maupun mengajak lapisan masyarakat untuk hidup sehat dan bersosialisasi.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari syukur dan syukur itu bagian dari sehat, maka kita melakukan kegiatan jalan sehat ini bekerjasama dengan KPU Toraja Utara tentu sangat mensuport kegiatan ini. Tidak hanya itu, kegiatan ini bagian dari sosialisasi agar semua hidup sehat, olahraga itu sangat penting dan wajib”Kata Sekda, Rede Roni.

Ia menambahkan jika kegiatan ini bukan hanya mengajak untuk berolahraga,tetapi juga mengajak serta mengajarkan bagaimana untuk berbaur bersama masyarakat.

“Yang ikut dalam kegiatan ini, ada dari Katolik, Muslim dan yang lainnya, itu membuktikan bahwa masyarakat Toraja, selalu menjaga kebersamaan. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa, itu semua di bangun dari kebersamaan. Tidak hanya sekarang ini masyarakat melakukan kegiatan kebersamaan, tapi marilah kita melakukannya selama hidup kita. Harus selalu bersatu padu, karena 89 tahun yang lalu, para pemuda sudah mencetuskannya, dan itu harus di teruskan atau dijalankan. Tidak ada sekat-sekat yang membedakan, baik itu agama,suku dan sebagainya, karena kita semua itu sama sebagai mahkluk ciptaan Tuhan serta sebagai warga masyarakat Indonesia,khususnya warga masyarakat Toraja Utara”ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Toraja Utara, Merry Parura mengatakan kegiatan yang digelar ini merupakan bentuk kerjasama KPU dan juga Gereja Toraja untuk sosialisasi Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, termasuk yang telah berusia 17 tahun wajib pilih.

“KPU dan Gereja Toraja bekerjasama dan ingin mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada jika sudah termasuk dalam wajib pilih (17 tahun keatas ), serta yang belum berumur 17 tahun tetapi sudah menikah, untuk menggunakan hak suara mereka pada tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang. Kami mensosialisasikan kepada masyarakat,bahwa suara kita semua sangat berarti. Satu suara itu sangat di perhitungkan. Selain itu, kepada seluruh masyarakat yang nantinya akan memilih, marilah kita memilih sesuai dengan kata hati kita”tegas Merry Parura.

Ketua Panitia penyelenggara gerak jalan yakni Pnt.Dr.Ir. Adrianus Parenden, menambahkan jika kegiatan gerak jalan sehat bersama ini juga masuk dalam rangkaian memperingati HUT Gereja Toraja ke-70 serta hari reformasi gereja sedunia. Dimana tepatnya pada tanggal 25 Maret 1947 gereja Toraja didirikan. Selain itu kegiatan ini juga di maksudkan untuk merefleksikan iman dari warga gereja.

“Perayaan HUT ini sudah di mulai sejak bulan Maret yang lalu, diantaranya kegiatan bersih kota, penanaman 70 ribu pohon, serta pembuatan bak sampah. Dan hari ini adalah kegiatan jalan sehat bersama. Masih banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, seperti Gerakan penanaman pohon, atraksi musik dari seluruh pemuda gereja, baik dari Toraja, juga dari luar daerah seperti dari Kalimantan dan juga Papua serta kegiatan Pekan Budaya, dan nantinya akan di tutup dengan Karnaval dan Ibadah Raya atau ibadah puncak pada tanggal 31 Oktober nanti”jelasnya.

 

LEAVE A REPLY