Ikatan Pemuda Pelajar Simbuang-Mappak (IPPEMSI) melalukan aksi demo didepan kantor Bupati Tana Toraja.

KabarToraja.com — Aksi demonstrasi yang digelar Ikatan Pemuda Pelajar Simbuang-Mappak (IPPEMSI) dan Aliansi Masyarakat Simbuang Mappak berakhir ricuh. Dimana aksi yang iikuti ratusan massa pemuda Simbuang-Mappak ini berlangsung di Kantor Bupati Tana Toraja.

Aksi tersebut menuntut janji Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae agar anggaran pembangunan infrastruktur jalan di dua Kecamatan yakni Simbuang dan Mappak terealisasi sesuai janji orang nomor 1 di Tana Toraja tersebut.

“Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae menghianati masyarakatnya. Pasalnya Bupati memberikan janji palsu kepada masayarakat Simbuang- Mappak, kami sudah berjam-jam disini tapi tak satupun pejabat yang mau ditemui”kata Ardianto Massarrang, Ketua Badan Verifikasi IPPEMSI.

Dalam aksinya massa pendemo ingin memaksa masuk ke kantor Bupati, namun dihalau aparat Kepolisian. Aksi tersebut nyaris bentrok dengan aparat kepolisian. Bahkan aksi dorong pun terjadi di depan kantor Bupati.

Untuk diketahui jika anggaran pembangunan yang dijanjikan senilai Rp 15 Milliar untuk perbaikan jalan di masing-masing kecamatan. Namun yang dianggarkan hanya Rp Milliar untuk dua kecamatan tersebut. Hal tersebut membuat masyarakat Simbuang-Mappak bereaksi dan melakukan aksi demonstrasi didepan kantor Bupati Tana Toraja.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Pelaksana tugas (plt) Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Tana Toraja, YD Pamara mengatakan jika anggaran untuk perbaikan jalan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Simbuang dan Mappak tahun 2018 senilai Rp 10 Milliar. Hal tersebut disampaikan YD Pamara saat ditemui di ruang pola Kantor Bupati Tator usai melakukan sosialisasi jalan Nasional. pada Sabtu 27 Januari 2018 lalu.

“Khusus untuk Kecamatan Simbuang dan Kecamatan Mappak, pemerintah kabupaten siapkan anggaran Rp 10 Milliar untuk 10 kilometer jalan di dua kecamatan tersebut. Jangan bilang kita tidak perhatikan, kami khsususkan untuk daerah tersebut, tapi secara bertahap kita mulai pengerjaannya tahun 2018 ini”kata Plt Dinas PU Tator, YD Pamara kepada KabarToraja.com.

Hingga berita ini diturunkan sejumlah massa masih bertahan didepan kantor Bupati hingga ada perwakilan dari Pemkab Tator memberikan keterangan terkait janji yang Bupati terhadap masyarakat Simbuang-Mappak beberapa waktu lalu. [Andarias/Fritz]

1 COMMENT

  1. Waw… Mantap mahasiswa Simbuang Mappak, hal lebih penting belajar sungguh2 sehingga bisa berhasil dan membangun daerah nantinya. Kita bertanggung jawab atas daerah kita sendiri, kasihan daerah kita yg sangat sulit dijangkau karna kondisi jalan..

LEAVE A REPLY