Ilustrasi.(Int)

KabarToraja.com – Memiliki rumah idaman dan hidup ditengah kota merupakan salah satu impian yang sulit dijangkau jika anda tidak benar-benar memperhatikan informasi yang ada.

Pasalnya, beberapa Kota-kota termahal di dunia telah terungkap dalam 14th Annual Demographia International Housing Affordability Survey: 2018 yang melakukan penelitian besar terhadap hampir 300 pusat populasi di berbagai  belahan dunia.

Dilansir dari Time.com, Survey yang menganalisis 293 pasar perumahan metropolitan di sembilan negara yaitu Australia, Kanada, Hong Kong, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat pada kuartal ketiga tahun 2017 menunjukkan 12 kota paling mahal untuk memiliki tempat tinggal di dunia.

Survey ini menggunakan pendekatan “median multiple” yang melibatkan pengambilan harga median area dan membaginya dengan pendapatan rumah tangga rata-rata. Jadi jika pendapatan rata-rata masyarakat adalah $ 50.000 dan biaya rumah rata-rata $ 250.000, hasil jumlah rata-rata akan menjadi 5.

Hasil penelitian menemukan 12 lokasi yang masuk dalam kategori kota “sangat mahal”, yang terdapat di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan China.

Berikut daftar kota-kota termahal di Dunia:

12. Tauranga, Western Bay of Plenty, Selandia Baru

Perumahan Selandia Baru sangat tidak terjangkau dengan kelipatan rata-rata harga rumah keseluruhan sebesar 5,8 dari pendapatan rata-rata, dan Tauranga menjadi kota termahal dengan rata-rata biaya rumah 8,9 kali dari pendapatan rata-rata masyarakatnya.

11. Salinas, Monterey, California, Amerika Serikat

Terletak di daerah Monterey, Salinas merupakan sebuah kota berpenduduk kurang dari 150.000 yang harus hidup dengan harga rumah yang memiliki kelipatan rata-rata 9,1.

10. San Francisco, California, Amerika Serikat

Dikelilingi oleh kota Salinas yang berbukit, San Francisco yang jauh lebih padat penduduknya juga mendapatkan gelar kota termahal dengan kelipatan rata-rata harga rumah 9,1 dari jumlah pendapatan masyarakat.

9. Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat

Honolulu, ibukota Hawai yang berpasir yang berada di pantai selatan pulau Oahu memiliki kelipatan rata-rata yang tidak terjangkau dari 9,2.

8. Los Angeles, California, Amerika Serikat

Los Angeles adalah salah satu kota yang paling tidak terjangkau di Amerika Serikat, pasalnya harga tempat tinggal disana memiliki kelipatan rata-rata 9,4 dengan pendapatan masyarakat.

7. Santa Barbara, California, Amerika Serikat

bersaing dengan kota California, Santa Barbara juga memiliki kelipatan rata-rata 9,4.

6. Melbourne, Australia

Dengan kelipatan rata-rata 9,9, Melbourne telah menjadi kota yang jauh semakin mahal saat tahun 1980an yang hanya mempunyai tingan kelipatan harga rumah di bawah 3,0 pada awal tahun 1980an.

Sejak tahun 2001, harga rumah rata-rata telah meningkat setara dengan lebih dari tiga tahun dalam pendapatan masyarakat.

5. San Jose, California, Amerika Serikat

Pasar perumahan yang mahal berikutnya hingga menembus harga kelipatan rata-rata 10 berada di San Francisco Bay Area. San Jose memiliki kelipatan rata-rata 10,3.

4. Santa Cruz, California, Amerika Serikat

Juga terletak di Bay Area, Santa Cruz adalah pasar perumahan yang paling tidak terjangkau di Amerika Serikat dengan kelipatan rata-rata 10,4.

3. Vancouver, Kanada

Pasar perumahan yang paling tidak terjangkau juga berada di Kanada dengan kelipatan rata-rata 12,6. Vancouver telah mengalami peningkatan tajam di antara pasar perumahan dalam survei tersebut yang meningkat dari 5,3 pada tahun 2004.

2. Sydney, Australia

Pasar perumahan yang mahal selanjutnya muncul di negara kangguru. Sydney memiliki kelipatan rata-rata 12,9.

1. Hong Kong, Tiongkok

Perumahan yang paling tidak terjangkau diperoleh Hong Kong berturut-turut dengan kelipatan rata-rata 19,4, nilai ini merupakan nilai tertinggi yang pernah dilaporkan dalam survei tersebut.

LEAVE A REPLY