Rombongan Pemkab Blitar Foto bersama Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

KabarToraja.com — Pemerintah Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur melakukan studi banding di Toraja utara. Dimana Pemkab Blitar ingin mengetahui penanganan pelayanan kesehatan yang ada di Lembang (desa) Pata’padang, Kecamatan Sanggalangi.

Dimana sebelumnya Toraja dikunjungi langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, dan Kemenkes RI menetapkan Toraja sebagai Pilot Proyek kesehatan,membuat mata Indonesia terus melirik akan keunikan serta hal-hal yang lainnya yang ada di Toraja.

Assiten Bagian Umum dan Administarasi Kabupaten Blitar, Muktahuddin mengatakan jika kedatangannya bersama rombongan di Toraja ingin melihat bagaimana cara penanganan pelayanan kesehatan yang ada di Toraja Utara yang dimana erat kaitannya dengan program keluarga sehat yang sama dengan Kabupaten Blitar sedang laksanakan programnya.

“Karena program sehat yang ada di Toraja ini merupakan pilot proyek dari kementerian RI, oleh karena itu dalam penanganannya ini saya sangat tertarik dan juga mendapatkan acungan jempol dari Kab. Blitar. Dan kami ke sini dengan harapan, apa yang kami lihat, apa yang kami peroleh dari perkunjungan studi banding ini, bisa juga kami terapkan di Kab. Blitar,dengan harapan, kedepannya akan ada kerjasama yang baik, yang intens, yang relevan, antara pemerintah kabupaten Blitar dan pemerintah kabupaten Toraja khususnya Toraja Utara”ucap Assiten Bagian Umum dan Administarasi Kabupaten Blitar, Muktahuddin.

Sementara itu wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang menyambut baik kedatangan pemkab Blitar di Toraja Utara. Pasangan Kalatiku ini menagatakan jika program kesehatan yang sama dengan yang dimiliki Toraja Utara bisa bermanfaat dan saling sharing dalam penanganan serta inovasi dalam pelayanan kesehatan.

“Selamat datang kepada seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Blitar. Semoga program ini sangat bermanfaat dalam mendapatkan data kesehatan masyarakat secara langsung, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pemecahan masalah secara akurat”kata Yosia.

Yosia menambahkan jika selain program keluarga sehat, di lembang Pata’padang ada juga Inovasi, Polisi ASI, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah ibu yang memberi ASI EKSLUSIF hingga bayi usia 6 bulan. Dan Kawasan Tanpa Asap Rokok.

“Harapan kami bahwa, semua yang hadir pada saat ini, bisa menerapkan inovasi dari lembang ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Kabupaten Blitar, yang sudah melakukan kunjungan ke Toraja Utara. Sekiranya saudara-saudara dapat melihat apa yang ada di Toraja Utara untuk dapat di kembangkan di Kabupaten Blitar “tutup Yosia.

Dalam pertemuan terebut hadir pula Kepala dinas Kesehatan Kab. Torut.ikut hadir juga, seluruh staf dari Dinas Kesehatan Torut, Camat Sanggalangi bersama staf, kepala Lembang Pata’padang, serta sebagian masyarakat lembang setempat.

Dalam rombongan Pemerintahan Kabupaten Blitar, hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Blitar (istri Bupati Blitar), Asisten Bagian umum dan Administrasi, Ketua DPRD Blitar, Ketua Komisi IV bersama anggota, beberapa kepala SKPD Pemkab Blitar, serta kepala Inspektorat kabupaten Blitar.

 

 

 

LEAVE A REPLY