Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Israil Ray Ratu [Foto: Fritz V.W]

KabarToraja.com — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Israil Ray Ratu berencana akan melakukan peluncuran perpustakaan berbasis digital atau secara online. Hal tersebut dikatakan saat ditemui diruang kerjanya, Kamis 25 Januari 2018.

Perpustakaan berbasis digital sebelumnya sudah lama diterapkan Pemerintah Toraja Utara, namun saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan masih terkendala dengan anggaran, bahkan saat ini masih menunggu anggaran tersebut yang diusulkan awal tahun 2018.

“Ini sementara di bahas di DPRD Toraja Utara, dari awal tahun 2018 kita usulkan untuk penerapan perpustakaan online ini”ujar Israil Ray Ratu kepada KabarToraja.com

Lebih lanjut Israil mengatakan jika anggarannya sudah siap, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan siap meluncurkan perpustakaan sistem online tersebut. Bahkan ia optimis jika pada pertengahan tahun 2018, perpustakaan online sudah bisa di launching langsung oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan.

“Mudah-mudahan nanti pertengahan tahun kita sudah bisa launching, atau di hari jadi Toraja Utara diluncurkan kalau semuanya sudah siap, termasuk anggarannya jika disetujui yang kami usulkan”tambahnya.

Untuk diketahui Perpustakaan online yang diterapkan Toraja Utara nantinya bakal dilengkapi fitur sosial media, bahkan aplikasi tersebut nantinya bisa diakses melalui smartphone, tablet, laptop, dan Desktop berbasis android, IOS, Windows.

Selain itu Israil Ray Ratu menambahkan jika hadirnya Perpustakaan Online di Toraja Utara nantinya mempermudah masyarakat untuk mengakses atau membaca buku melalui smartphonenya. Hal tersebut juga dapat menambah minat baca masyarakat di Toraja Utara.

Sebelumnya jika Kabupaten Tana Toraja menjadi kabupaten yang pertama menerapkan perpustakaan online dengan meluncurkan i-torayamaelo, aplikasi tersebut merupakan perpustakaan online yang diluncurkan pada Agustus 2017 dihari jadi Tana Toraja. Untuk itu Pemkab Toraja Utara pun juga siap menjadi kabupaten berikutnya yang siap menerapkan perpustakaan sistem online di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bahkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara juga memiliki konsep perpustakaan online melalui palikasi yang di unduh di playstore, untuk diketahui jika aplikasi perpustakaan online milik Toraja Utara tersebut memiliki nama “I-Torut”. Namun aplikasi tersebut secara resmi belum diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan kearsipan Toraja Utara karena masih terkendala akan anggaran. [Fz]

LEAVE A REPLY