Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan [Int]

KabarToraja.com — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan berencana akan membuat Rantepao Plaza di mana tahun 2019 ditargetkan bakal dimulai pembangunannya. Sekitar 1,4 hektar wilayah yang berada di pertokoan bakal disulap menjadi bangunan Rantepao Plaza. hal tersebut disampaikan oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan usai melakukan rapat finansial di ruang DPRD Toraja Utara, Jumat 12 Januari 2018.

“Pembangunan Plaza Rantepao ini kita minta persetujuan DPRD, kalau anggota dewan setujui kita panggil investornya dan kita mulai tahun 2019, lebih cepat kita mulai ini kalau sudah disetujui nantinya”kata Kalatiku kepada KabarToraja.com

Untuk diketahui jika Pemkab Toraja Utara bakal membangun Plaza Rantepao dengan sistem Built Operate Transfer atau BOT. Dimana sistem tersebut adalah sistem Bangun-Guna -Serah dimana bentuk pendanaan proyek saat suatu entitas swasta menerima konsesi dari entitas lain (umumnya entitas sektor publik) untuk mendanai, merancang, membangun, dan mengoperasikan suatu fasilitas yang dinyatakan dalam kontrak konsesi. Bahkan Kalatiku mengatakan jika dalam setiap tahunnya Pemkab Torut akan mendapat 20 persen dari hasil.

Kalatiku juga menegaskan jika pembangunan Plaza Rantepao tersebut tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dimana ia akan menggandenhg para investor dalam proyek pembangunan Plaza tersebut di rantepao nantinya.

“Tidak ada penggunanaan APBD, ini pake investor dan nantinya kita pakai sistem BOT, dia yang bangun, dia yang rancang dan dia yang mendanai”jelas Kalatiku.

Proyek pembangunan Plaza Rantepao direncanakan memiliki 10 lantai, dimana ada satu lantai untuk living plaza, satu lantai ruang bawah tanah untuk parkir dan tiga lantai untuk Hotel berbintang lima. “Ini bisa 3000 kendaraan bisa parkir nanti, kita buatkan basement (parkir) kendaraan dibawah tanah. Selain itu tiga lantai untuk Hotel bintang lima dan satu lantai untuk living plaza dan paling atas kita buatkan tempat untuk hiburan-hiburan atau konser”kata Kalatiku.

Hingga saat ini pihak Pemkab Toraja Utara menyiapkan perencanaan pembangunannya. Bahkan bangunan pertokoan yang sudah puluhan tahun dibangun serta pasar lama juga bakal dibongkar untuk pembangunan Plaza Rantepao. [FZ]

LEAVE A REPLY