KabarToraja.com — Hari ini Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel dari Fraksi Nasdem, Pendi Bangadatu melakukan kunjungan ke Desa Lembang Paku, Kecamatan Masanda, Kabupaten Tana Toraja dalam rangka sosialisasi produk hukum Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu, 31 Maret 2018.

Pria dari partai Nasdem ini berkunjung ke Masanda sebagai bentuk kunjungan kerja dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah 2015 No 04 Tentang Hutan Rakyat.

“Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan Perda Tahun 2015 No 04 Tentang Hutan Rakyat. Hal ini penting untuk disosialisasikan karena Kabupaten kita Tana Toraja dan Toraja Utara dimana dua kabupaten ini hanya memiliki satu kelompok masyarakat yaitu kelompok tani yang begerak di kolompok petanian sehingga sangat penting untuk memahami undang-undang terkait hutan rakyat,” jelas pria yang kerap disapa Pendi.

Pendi menambahkan kehadiran kelompok tani dalam memahami hutan rakyat bersifat penting mengingat hutan rakyat itu tempat masyarakat menanam tanaman mereka dalam waktu jangka panjang.

“Tanaman-tanaman tersebut memiliki nilai ekonomi jangka panjang seperti kayu jati, kayu uru, dan lain-lain,” tambahnya.

Anggota dari Fraksi Nasdem tersebut menjelaskan apabila masyarakat mempunyai lahan maka pihak pemerintah akan memfasilitasi proses penamanan mulai dari bibit tanaman dengan dinas kehutanan.

“Saya juga berharap agar masyarakat yang punya lahan yang belum dimanfaatkan segera digunakan guna membantu proses pemanfaatan tanah di Tana Toraja maupun Toraja Utara,” pungkas pendi kepada kabartoraja.com, Sabtu 31 Maret 2018.

Kegiatan sosialisasi ini juga turut dihadiri ratusan masyrakat Lembang Paku dan seluruh kepala Lembang se Kecamatan Masanda.

Penulis: Andarias

Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY