Kadis Infokom, Toraja Utara, Fitra Rusdi

MENJADI “Abdi Negara” di Kabupaten Toraja Utara menjadi tanggungjawab bagi Fitra Rusdi, dimana pria kelahiran Ujung Pandang 12 Mei 1976 ini mempunyai mimpi untuk menjadi staf kepresidenan RI. Saat ini pria dua anak asal Pangkep, yang bertugas di Toraja Utara menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

Mengawali karier di Tana Toraja, Drs Fitra M. Amd.Pemb sempat merasakan menjadi ajudan Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara. Meski bukan asli Toraja namun pria berusia 41 tahun ini sudah menganggap dirinya sebagai putra daerah di Toraja. Bagaimana tidak perempuan Toraja, Rininta Rante Maliku yang merupakan Lurah, Tallunglipu adalah istri dari Fitra. Hal tersebut membuktikan kecintaannya terhadap bumi Pongtiku untuk menjadi sang pengabdi.

Sang pemimpi yang ingin bertemu dengan Presiden RI kala itu, telah terwujud. Dimana Fitra saat itu menjabat Kabag protokol Torut, hanya ingin berfoto dengan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono malah dirinya mendapat bonus di beri tandatangan langsung oleh SBY saat berkunjung di Toraja 2014 lalu, dari buku karangan SBY yang dipegangnya “Selalu ada pilihan” menjadi kenangan manis bagi Fitra.

Hubungan Erat Dengan Jurnalis

Bung Fitra menjadi sapaan akrab mantan Kepala Bagian Protokol dan Humas di Toraja Utara ini, tak heran jika bertemu dengan wartawan lokal dan nasional Bung Fitra terlihat akrab seperti saudara sendiri. Bagi dirinya jurnalis bukanlah hal asing dari kehidupannya, ditemui disalahsatu hotel di Toraja Utara kepada KabarToraja.com ia mengatakan dirinya punya darah jurnalis.

“Bapak saya dulu jurnalis, jadi jangan heran kalau saya sangat senang dan bangga melihat para wartawan. Ayah saya almarhum dulu juga sebagai penanggung jawab Harian Tegas”terang Fitra.

Jika bertemu dengan kalangan jurnalis, Fitra kerap memposisikan dirinya bukan sebagai pejabat pemerintahan, namun dirinya lebih memposisikan dirinya seperti layaknya jurnalis pula. Hal tersebut membuat dirinya lebih populer dikalangan para jurnalis sekalipun dirinya telah menjabat sebagai Kepala Dinas.

Fitra dan Organisasinya

Tidak hanya erat dengan jurnalis dan juga jabatanya yang diduduki nya di Toraja Utara. Namun Bung Fitra juga aktif dibeberapa organisasi kepemudaan baik tingkat daerah maupun ditingkat nasional.

Beberapa organisasi di Toraja Utara pun sempat Fitra jabat seperti Wakil Ketua PC NU Toraja Utara. Selain itu ia juga masuk di beberapa organinasi seperti KNPI, Pemuda Pancasila serta GP Anshor.

“Saya aktif kalau itu, baik organisasi pemuda hingga organisasi kemanusiaan, jelas karena kita bangkitkan semangat pemuda mulai dari tingkat daerah hingga ke pusat”terangnya.

Fitra pun turut andil dalam organinsasi yang diketua oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakni Palang Merah Indonesia. Di Toraja Utara Fitra pun di dapuk sebagai Sekretaris PMI Toraja Utara dan ketuanya Bupati Torut, Kalatiku Paembonan.

Berbicara soal mimpi memang takkan ada habisnya jika bertemu dengan sosok Kepala Dinas Kominfo di Toraja Utara ini. Fitra sempat berbincang dengan KabarToraja.com akan rencana kehadiran Presiden RI, Joko Widodo diajang Lovely December 2017 yang tiap tahun digelar Pemkab Toraja dan Toraja Utara. Dirinya pun dengan tegas mengatakan jika mimpinya akan terwujud dengan hadirnya orang yang diidolakannya tersebut untuk bisa mampir di Bumi Pongtiku tersebut.

Menjadi idolanya di pemerintahan, ia pun memang memiliki cita-cita yang mulia dengan menjadi staf kepresidenan di negeri ini. Dimana Fitra kepada KabarToraja.com mengatakan dengan tegas jika memang ada niat untuk menjadi staf orang nomor 1 di Indonesia.

Selain sosok Jokowi, Fitra pun mengidolakan sang Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan selain tegas ia melihat sosok Luhut juga dapat mendampingi Jokowi di periode mendatang untuk mempimpin negeri ini.

Bukan tidak mungkin jika mimpi Fitra bakal terwujud, mulai dari datangnya Jokowi ke Toraja hingga harapannya untuk bisa menjadi staf kepresidenen RI.

Profil singkat Bung Fitra;

Nama Lengkap : Drs Fitra Rusdi M.Amd.Pemb
Tempat Tanggal Lahir : Ujung Pandang 12 Mei 1976
Nama Istri : Rininta Rante Maliku
Anak : 1. Pradja Karasiak Fitra, 2. Chandra Kirana Fitra.

Karier dan Jabatan : – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Toraja Utara – Sekarang
: – Kepala Bagian Protokol dan Humas Toraja Utara 2013-2016
: – Kabid Diklat BKD Toraja Utara
: – Kabid Pengembangan BKD Toraja Utara
: – Sekcam Tallunglipu
: – Kepala Seksi Kesos Kecamatan Tallunglipu
: – Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Tambunan, Kecamatan Makale
: – Ajudan Sekretaris Daerah Tana Toraja.

Organisasi : – KNPI Toraja Utara
: – Pemuda Pancasila Toraja Utara
: – Sekretaris PMI Toraja Utara
: – GP Ansor Toraja Utara
: – Wakil Ketua PC NU Toraja Utara.

LEAVE A REPLY