Kompetisi 'Coffee Brewers Cup' dan Lomba Foto di Festival Messenrempulu

KabarToraja.com, Enrekang — Pemuda penggiat dan komunitas wisata Enrekang bakal menggelar event “Festival Massenrempulu” yang di pusatkan di Lapangan Baraka, Enrekang pada 14 – 17 Desember 2017, mendatang. Kegiatan ini dirangkaikan Festival Kopi dan ragam lomba, seperti kompetisi Foto, River Tubing dan Brewers Cup.

Koordinator Seksi Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017, Agil Valentino mengatakan Festival Massenrempulu 2017 adalah event tahunan kabupaten Enrekang yang digelar dengan berbagai rangkaian acara yang bersifat seni, perlombaan dan edukasi.

“Seperti lomba foto, kompetisi Brewers Cup, kompetisi river tubing, pameran hasil komoditi kopi dari produsen dan kelompok usaha” kata Agil, Sabtu, 9 Desember 2017.

Dia menjelaskan dalam pameran kopi nanti, akan dipamerkan berbagai komuditas kopi Enrekang, mulai dari green bean (mentah) sampai proses penyeduhannya.

Di sini, kata dia, pameran akan melibatkan para pemilik Cafeshop yang tujuannya untuk memperkenal kopi Kalosi Enrekang serta ada pameran perlengkapan Perkopian.

“Jadi, kopi dari kelompok tani dan KWT dari tiap kecamatan menjual langsung kopinya di stan pameran.. baik itu green bean, kopi bubuk ataupun yang diseduh.”

Untuk kompetisi Brewer Cup, berbeda dengan kompetisi barista yang menggunakan berbagai alat seduh kopi. Menurutnya, Brewer Cup adalah kompetisi pembuatan kopi dengan manual brew.

Menurutnya peserta yang mengikuti lomba ini akan melalui babak penyisihan dengan sistem throwdown (battle) menggunakan kopi Arabika dengan alat seduh V60.

“Semua peserta penyisihan akan menyeduh kopi Arabika (dari daerah) Bone-bone menggunakan V60” kata dia.

Kemudian pada babak semifinal akan menggunakan compulsary service, dimana peserta yang tersisa akan menyeduh kopi Arabika dari daerah Nating dengan alat seduh manual yang bebas dipilih oleh peserta, misalnya V60, aero press, chemex dll.

“Di babak final menggunakan sistem open service, peserta bebas memilih alat seduh andalannya dan juga bebas memilih kopi Arabika yang sudah disiapkan panitia, yaitu Arabika Bemba, Arabika Patekkong, dan Arabika benteng Alla Utara. di babak final ini peserta diwajibkan mempresentasikan hasil seduhannya, ”

Panitia juga menyediakan permainan memacu adrenalin di dalam sungai yakini river tubing di Sungai Mata Allo Kecamatan Baraka, Enrekang. Permainan ini dimainkan secara berkelompok.

“Juga akan dilombakan dengan empat kelas, yakni Slalom, head to head, down river race, dan time trial” jelasnya

Yang tak kalah menarik lainnya, adalah lomba foto dengan tema “Wajah Massenrempulu”. “Setiap peserta lomba diberi kebebasan dan keleluasaan untuk mencitrakan bumi
Massenrempulu dari berbagai sisi.” ujarnya. “Untuk kategori lomba, umum dan pelajar se kabupaten Enrekang, ” ujarnya.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini juga akan menampilkan “Pemilihan Duta Wisata Enrekang 2017”.

Menurut Agil, pemilihan duta ini diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Enrekang dan merupakan ajang pemilihan putera-puteri asli Enrekang dengan tujuan untuk menjadikan budaya Massenrempulu sebagai daya tarik dan kekuatan kepariwisataan Enrekang dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata, seni dan budaya Massenrempulu. Selain itu, panitia juga menyiapkan agenda wisata kebun kopi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY