INT [Foto: Antara]

KabarToraja.com — Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan jika masyarakat harus siap dengan hadirnya para wisatawan domestik dan wisatawan asing. Pasalnya hal tersebut dapat menunjang akan kepuasan masyarakat saat berkunjung di Toraja.

Nicodemus berharap jika menyambut hadirnya wisatawan asing, warga Toraja sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa asing atau bahasa Inggris. Dimana Toraja saat ini menjadi tujuan wisata dunia. Tidak hanya itu Nicodemus mengatakan jika saat ini tidak dapat dipungkiri kalau masyarakat kesulitan dalam menjamu tamu dari luar negeri saat mengunjungi Toraja, kesulitan berkomunikasi menjadi salahsatu kendala.

“Kalau mau banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Toraja, masyarakat harus siap. Jelas kesiapan yang saya maksud minimal bisa memahami atau sedikit bisa berbahasa asing dan ini kita coba menempuh bagaimana caranya percakapan dasar untuk berkomunikasi dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Toraja”kata Nicodemus. Jumat 15 Desember 2017.

Pentingnya berbahasa Inggris, lebih lanjut Bupati Tator tersebut agar setiap tempat-tempat penginapan dan paling penting yakni Hotel untuk menyiapkan Pramusaji yang fasih berbahasa Inggris. Terpenting tugasnya tersebut melayani wisatawan asing dengan baik dan ramah dari budaya Toraja dengan menggunakan bahasa Inggris.

“Kearifan lokal akan mempererat silahturahmi masyarakat Toraja dengan wisatawan. Akan tetapi kesulitan berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara dapat menjadi pengaruh yang besar bagi kepuasan,”tambah Nico.

Untuk diketahui saat ini peningkatan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Toraja mulai ramai, apalagi dua even akbar digelar di dua Kabupaten kembar yakni Tana Toraja dan Toraja Utara. Tator menyiapkan kegiatan even Toraya Maelo sementara Toraja Utara tuan rumah dari even Lovely December 2017.

Menurut Nicodemus penting bagi masyarakat untuk bisa berkomunikasi dasar dengan menggunakan bahasa Inggris dengan wisatawan asing, agar tingkat kepuasan pengunjung wisatawan tiap tahunnya bertambah masuk ke Toraja.

 

LEAVE A REPLY