[Ilustrasi]

KabarToraja.com — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja memberikan fasilitas operasional kendaraan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tana Toraja, dimana 3 unit kendraan yang diterima KPUD yakni satu unit mobil jenis Avansa dan dua unit sepeda motor jenis trail. Hal tersebut dimaksudkan untuk kenyamanan KPUD sebagai penyelenggara pemilihan Gubernur Sulsel (Pilgub) dalam melaksanakan tugas.

Kepala Bidang Aset Pemkab Tana Toraja, Fius Minggu mengatakan jika benar pihaknya memberikan fasilitas kendaraan operasional sebanyak tiga unit dimana satu buah mobil dan dua unit motor trail.

“Sesuai perintah atasan, jadi untuk kemajuan dan mesukseskan Pilgub 2018, maka kami berikan tiga unit kendaraan operasional ke KPUD Tana Toraja”Kata Fius Minggu kepada KabarToraja.com

Fius mengatakan jika sistem pemberian kendaraan tersebut sistem pinjam pakai, dimana usai Pilgub Sulsel 2018 selesai akan dikembalikan ke pemerintah kabupaten Tana Toraja. Dimana kendaraan tersebut aset milik Pemkab Tator.

“Kendaraan yang digunkan hanyalah sistem pinjam pakai, selesai nanti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel maka kami dari pihak aset menarik kembali untuk di jadikan sebagai aset Negara”tambah Fius Minggu.

Sementara itu, KPUD Tana Toraja memiliki anggaran yang dikelola dari pusat yakni senilai Rp25 Milliar. Namun nampak masih menggunakan fasilitas Pemkab Tana Toraja termasuk dengan adanya tiga unit kendaraan dinas dari Pemkab yang digunakan tersebut.

Ketua KPUD Tana Toraja, Risal Randa mengatakan saat dihubungi melalui selularnya jika anggaran yang dikelolanya berasal dari pusat. Diakui anggaran tersebut berasal dari pusat yang memang dikelola KPUD Tana Toraja melalui sistem transfer ke rekening KPUD Tana Toraja.

“Tahun lalu memang nilainya itu, tapi saat ini berbeda lagi sistemnya dulu kami yang kelola di KPUD Tana Toraja, tapi sekarang semua PPK Kecamatan langsung di transfer ke rekeningnnya. Jadi buka kami KPUD lagi yang kelola semuanya, dan termasuk gaji anggota kami juga di KPU jelas langsung melalui rekening masing-masing”terang Risal Randa.

Risal menambahkan jika anggaran tersebut sepenuhnya tidak dikelola lagi KPUD dimana sebelumnya dikelola, hal ini membuat pihaknya membutuhkan kendaraan operasional ke Pemkab Tana Toraja sebagai operasional penyelenggara Pilgub Sulsel di Tana Toraja.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY