Jalan Poros Simbuang-Mappak layaknya kubangan lumpur. [Dok: Pasa Maraya]

KabarToraja.com — Dua Kecamatan di Tana Toraja menjadi sorotan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja, dimana kedua kecamatan tersebut masih jauh dari perhatian khusus oleh Pemkab Tator. Pembina Ikatan Pemuda Pelahar Mahasiswa Simbuang-Mappak (IPPEMSI) Makassar, Pasa Maraya mengatakan jika saat ini pemerintah kabupaten memenuhi janjinya dalam menyelesaikan infrastruktur jalan di Kecamatan Simbuang dan Mappak.

“Keadaan ini harus menjadi kritikan yang konstruktif bagi pemerintah kabupaten agar kedepannya menjadikan daetah kecamatan tersebut sebagai daerah perhatian khusus. Kita minta kedepannya agar pemerintah kabupaten benar-benar memperhatikan daerah kami disana”kata Pasa Maraya.

Pasa Maraya meminta kepada pemerintah jika dalam penganggaran, setidaknya bisa mengalokasikan setidaknya 15 Milliar tiap tahun agar percepatan perbaikan infrastruktur lebih diperhatiakan sehingga benar benar memungkin menjadi jalur peningkatan perekonomian masyarakat Simbuang-Mappak.

[caption id="attachment_787" align="aligncenter" width="300"] Jalan rusak, dan berlumpur di Kecamatan Simbuang-Mappak.[/caption]

Tidak hanya itu Pemuda Simbuang-Mappak dari Makassar juga meminta agar Pemkab Tator juga memperhatikan sektor Pendidikan dan juga Kesehatan di dua kecamatan tersebut.

“Selain infrastruktur jalan, kami meminta pemerintah juga perhatikan Pendidikan dan Kesehatan disana bukan hanya janji-janji saja”tegas Pasa Maraya.

Mantan Ketua IPPEMSI, Pasa Maraya mewakili Pemuda dan Pelajar Simbuang-Mappak menambahkan kunjungan kerja 2017 lalu pada bulan Februari, Pemkab dalam hal ini Bupati Tator dan Ketua DPRD Tator yang menyatakan sendiri menyampaikan janji tersebut di hadapan ribuan masyarakat Simbuang-Mappak yang hadir saat itu, bahwa dalam alokasi anggaran, Kecamatan Simbuang dan Mappak akan dialokasikan kisaran 10 Miliar tiap tahunnya.

“Penyampaian untuk realsisasi anggaran tersebut hanyalah janji-janji, dan jangan salahkan kami ketika saatnya lagi para mantan aktivis dari Kecamatan Simbuang-Mappak akan melakukan aksi demonstrasi besar besar dalam pertengahan tahun 2018″tegas Pasa Maraya.

[caption id="attachment_788" align="aligncenter" width="300"] Akses jalan menuju dua Kecamatan di Simbuang dan Mappak.[/caption]

Sebelumnya dikabarkan jika dua Kecamatan di Tana Toraja yakni Kecamatan Simbuang dan Kecamatan Mappak disebut sebagai “Kecamatan anak Tiri”, istilah tersebut beredar di medsos, dan banyak mengundang netizen untuk melakukan kritik kepada Pemkab Tator akan infrastruktur yang dinilai sangat parah di Tana Toraja. [FZ]

 

LEAVE A REPLY