Pengukuhan Puang Balusu, Resmi Melantik Nenek Hary, Arung Pongpalita Batto' Solo'

KabarToraja.com — Pengukuhan puang Balusu resmi melantik Nenek Hary (Arung Pongpalita Batto’ Solo’). Dimana acara pelantikan atau Massura’ Tallang secara adat digelar di Tongkonan Layuk Lingkasaile, Raya Balusu, Toraja Utara. Kamis 24 Januari 2018.

Dalam pelantikan tersebut secara adat dihadiri beberapa pejabat Pemerintah Toraja Utara dan unsur Muspida, mereka diantaranya Sekretaris Daerah, Plt Sekda Pemkab Torut, Rede Roni. Kadis Perpustakaan dan Arsip, Israil Ray Ratu dan WakaPolres Tator, Kompol Archelaus Limpong.

Dalam acara adat peneguhan puang Balusu tersebut Ketua Panitia, Masura’ Tallang yakni Viktor Linggi Matandung dalam sambutannya mengatakan jika hari ini telah disaksikan pelantikan peneguhan puang Balusu. Dimana ia menjelaskan jika Nenek Hary merupakan puang Balusu yang sah dan resmi diteguhkan.

“Kita sudah saksikan bersama bahwa hari ini, puang Balusu kini dijabat Nenek Hary, Arung Pongpalita Batto’Solo'”Tegasnya Viktor Linggi Matandung.

Lebih lanjut ia mengtakan jika saat ini ada dua kepuangan di Balusu, yakni Seli Matandung dan Arung Pongpalita Batto Solo’. “Jadi ini sahnya dua kepuangan, Seli Matandung dan Pongpalita Batto’Solo’, kita sering ulangi ini, karena biasanya ada anggapan yang salah”tegasnya.

Peneguhan gelar adat Puang Balusu ini ditandai dengan pemancangan batu dia tengah (area) tongkonan Layuk Lingkasaile. Dan disaksikan sejumlah masyarakat dan keluarga besaar Puang Balusu.

Untuk diketahui jika Balusu merupakan sebuah wilayah dari bagian utara kota Renatepao, di Kabupaten Toraja Utara. Ne’ Matandung (Puang Balusu) adalah nama seorang yang pernah menjadi pemimpin lokal dari Balusu. Bahkan Ne’Matandung pernah bersama sama dengan masyarakat sekitar melakukan perlawanan terhadap Belanda di masa penjajahan. Untuk itu Puang Balusu tersebut juga masuk dalam sejarah perjuangan di Indonesia terkhusus melakukan perlawanan terhadap Belandan di Toraja kala itu. [Fz]

LEAVE A REPLY