Poskedes tertimpa pohon tumbang saat puting beliung melanda Sangalla tana Toraja. [Foto: Dok kabarToraja.com]

KabarToraja.com — Robohnya Pos Kesehatan Desa (Poskedes) di Sangalla, Tana Toraja akibat diketiban pohon tumbang dari amukan angin puting beliung sma sekali belum mendptkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Yustin salahsatu pegawai Poskedes di Sangalla mengaku jika sampai saat ini belum ada bantuan dari Pemerintah Tana Toraja. Bahkan pelayanan untuk pasien yang dirawat saat ini diungsikan ke dapur. Perawat di poskedes tersebut mengatakan jika pasien dibawa ke dapur dikarenakan tempat obat dan plapon sudah ambruk akibat puting beliung.

“Untuk saat ini kami terpaksa melakukan pelayanan kepada pasien di meja dapur saja pasalnya bangunan sudah rusak parah”kata Yustin kepada kabartoraja.com

Perawat yang kesehariannya melayani warga Sangalla ini berharap Pemerintah kabupaten Tana Toraja segera memberikan bantuan, dimana pelayanan untuk kesehatan masyarakat di Sangalla cukup sangat terganggu karena dirawat di dapur Poskedes.

Terpisah dengan Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andilolo yang di konfirmasi melalui pesan whatsaapnya menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat”kata Alfian.

Sebelumnya bencana puting beliung di Sangalla sempat di tinjau Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

Bupati saat itu meninjau bencana di dampingi oleh Kepala BPBD Tana Toraja, serta Pelaksana tugas Dinas Perumahan rakyat dan permukiman. Dilokasi itu dihadapan para pejabat lingkup Pemkab, Kepala Lembang bahkan warga Sangalla mengatakan menginstruksikan pejabatnya untuk membantu korban puting beliung.

Namun hingga saat ini bantuan dan perhatian dari pejabat lingkup Pemkab Tator belum bereaksi. “Segara turunkan bantuan yah” kata Nico kepada kepala BPBD dan Plt Dinas Perumahan rakyat dan permukiman saat berkunjung pada tanggal 18 Februari 2018 lalu.

Hingga kini perawat di Poskedes tetap melakukan pelayanan kesehatan bagi warga di sangalla meski saat ini dalam kondisi Poskedes belum mendapatkan bantuan untuk perbaikan.

Penulis; Andarias
Editor: Fritz F.W

LEAVE A REPLY