Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara memebrikan sambutan di pawai obor, Psakah Tana Toraja di Kolam Makale, 1 April 2018.

ADVETORIAL — Ribuan umat kristiani dari berbagai jemaat di Tana Toraja berbondong-bondong datang ke Kolam Makale untuk mengikuti pawai obor dalam rangka mengenang kebangkitan kematian Yesus Kristus, Minggu 1 April 2018.

Sejak subuh, warga dari berbagai wilayah di Tana Toraja datangi Kota Makale di Plaza Kolam patung Lakipadada berkumpul 04.00 Wita (subuh). Dimana pawai obor tersebut diwakili dari berbagai jemaat gereja di daerah Tana Toraja.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, dalam hal ini Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara hadir dan memberikan sambutan dalam perayaan Paskah. Ia pun dihadapan ribuan jemaat mengucapkan selamat Paskah bagi seluruh warga di Tana Toraja.

“Selamat Paskah kepada warga Jemaat yang hadir saat ini, dengan kegiatan ini, kita juga memperingati Kebangkitan Yesus Kristus sebagai Kemenangan”, jelas Victor.

Victor menambahkan jika kegiatan pawai obor ini tidak hanya di Kolam Makale, tetapi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menggelar perayaan Paskah di dua tempat, yakni di Lapangan Parappo, Lembang Kole Barebatu, Kecamatan Rembon, Tana Toraja.

Perayaan Paskah didaerah Rembon secara khusus dilakukan oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae. Pawai Obor Paskah tersebut merupakan acara religius Jemaat Kristiani yang mangandung makna kematian pengikut ajaran Yesus Kristus.

Pawai Obor ini memiliki maksud tersendiri dalam memaknai hari Paskah.

Peserta Pawai Obor di Kolam Makale khususnya dihadiri semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Untuk diketahui jika di hari Paskah tersebut, nampak ada beberapa jemaat semangat melaksanakan kegiatan yang menempuh jarak beberapa kilometer dengan berjalan kaki dari tempat jemaat berangkat masing-masing, hingga finish di Plaza Bundaran Kolam Makale.
 Di Bundaran Plaza Kolam Makale ini dilaksanakan Doa dan hiburan Lagu Rohani serta pelepasan 100 Lampion, di susul dengan pembagian beberapa hadiah dari tim pembawa obor terbaik dari beberapa Jemaat.

Usai melaksanakan pawai obor di Bundaran Plaza Kolam Makale, para peserta kembali ke gereja masing-masing untuk melanjutkan ibadah Paskah.

Penulis: Andarias P/ADV
Editor: Fritz V.Wongkar

LEAVE A REPLY