Obyek Wisata Pongtorra

KabarToraja.com — Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Toraja Utara, Arung Buntu Lipa menyatakan bahwa objek wisata Pongtara’ tidak memiliki selembar pun surat izin pengelola. Dimana kawasan tersebut masuk dalam Hutan Lindung.

“Andaikan mereka datang kekantor mau urus izin pengelolaannya kami terima. Tapi ini tidak ada sama sekali pelaporan izin pengelolaanya”kata Arung Buntu Lipa, Rabu 21 Maret 2018.

Ia juga menegaskan jika kawasan Pongtorra tersebut masuk dalam pengawasan Hutan Lindung, ia lebihlanjut menjelaskan dirinya sempat bekerja di kehutanan. Bahkan dirinya mengatakan jika hutan lindung di Toraja Utara tersebut, banyak yang terseret ke penjara karena penebangan pohon secara liar.

“Pongtarra’ itu baru-baru di bangun pada tahun 2017. Dan jangan heran jika hutan lindung tersebut banyak yang terseret di penjara karena menebang pohon dikawasan hutan lindung itu”tambahnya.

Terpisah dengan pihak Polres Tator, Kepala Satuan Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jhon Paerunan mengatakan jika pihaknya dengan tegas memproses hukum jika wisata Pongtorra masuk dalam kawasan hutan lindung.

“kita lihat dulu izinnya, kalau tidak ada jelas kita proses secara hukum”kata AKP Jhon Paerunan kepada KabarToraja.com.

Lebihlanjut AKP Jhon Paerunan bakal melakukan pengecekan peta, apakah masuk hutan lindung atau tidak. “Kita cek petanya dulu masuk atau tidak dan dalam waktu dekat saya akan menelusuri peta nya”tambah AKP Jhon Paerunan saat dihubungi selularnya.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz Wongkar

LEAVE A REPLY