Meminum kopi sebanyak tiga hingga empat kali sehari dapat mengurangi risiko kematian [Foto: INT]

KabarToraja.com — Meminum kopi sebanyak tiga hingga empat kali sehari dapat mengurangi risiko kematian, apalagi yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hal tersebut dikatakan para ilmuwan, dimana dari hasil penelitian yang mengumpulkan bukti dari lebih 200 peneliti sebelumnya juga menemukan, konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, penyakit hati, demensia dan beberapa jenis kanker.

Manfaat meminum kopi bagi kesehatan memang sangat baik, tak heran jika di kota-kota besar di Indonesia bahkan di Toraja sekalipun banyak membuka kedai kopi. Di Toraja kini mulai merambah cafe atau warkop dengan khasnya menyediakan kopi Toraja.

“Tinjauan Umbrella” mensintesis analisis gabungan sebelumnya untuk memberikan ringkasan penelitian beragam mengenai topik tertentu dengan lebih jelas. “Minum kopi tampak aman dalam pola konsumsi yang biasa,” ungkap tim Pool menyimpulkan penelitian mereka, yang diterbitkan di jurnal medis BMJ Inggris.

Untuk diketahui jika konsisten dalam hal meminum kopi atau istilah lainnya “Ngopi” erat dengan penurunan terbesar risiko relatif kematian dini terlihat pada orang yang mengonsumsi tiga cangkir sehari, dibandingkan dengan peminum non-kopi.

Bahkan jika meminum lebih dari tiga gelas perhari tak mendapatkan risiko berbahaya. Bahkan risiko penyakit kanker prostat, endometrium, kulit dan hati, serta diabetes tipe 2, batu empedu, dan asam urat, kata periset. Manfaat terbesar terlihat pada kondisi hati seperti sirosis hati.

Tim Poole mencatat bahwa karena ulasan mereka terutama mencakup data observasional, kesimpulan tegas tidak dapat ditarik tentang sebab ,dan akibat. Namun, mereka mengatakan temuan mereka mendukung ulasan, dan kajian terbaru lainnya mengenai asupan kopi. [Asiaone]

 

LEAVE A REPLY