Tongkonan Berusia 45 Tahun di Toraja Utara Dilalap Sijago Merah

KabarToraja.com — Rumah adat tongkonan yang berada di Sa’dan Mataalo, Kecamatan Sa’dan, Toraja Utara sekira pukul 21:00 Wita atau pukul 9 malam, Senin 7 Mei 2018 ludes dilalap sijago merah.

Api menghanguskan tongkonan yang berusia lebih 45 tahun tersebut. Diketahui jika tongkonan tersebut menimpa Tongkonan Ratte milik keluarga Nek, Anne di Lembang Tiroallo, Kecamatan Sa’dan Toraja Utara.

Api menghanguskan sebuah tongkonan yang ditinggal dalam keadaan kosong. Dikabarkan jika pemilik tongkonan tersebut tidak berada saat kebakaran terjadi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara, Toni Tubiri mengatakan jika api tersebut diperkirakan berasal dari hubungan arus pendek yang menyebabkan terjadinya percikan api dan menimbulkan kebakaran.

“Diperkirakan api berasal dari aliran listrik, terjadi arus pendek sehingga kami perkirakan jika terjadi korsleting jadi penyebab kebakaran”kata Toni.

Tongkonan yang bahan material terbuat dari bahan kayu tersebut, hanya menyisahkan puing-puing sisa kebakaran. BPBD Toraja Utara juga memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Tim dari BPBD Toraja Utara mengerahkan 4 unit mobil pemadam untuk memadamkan api, namun api terlanjur sudah melumat habis tongkonan yang usianya sudah 45 tahun tersebut.

Laporan: Theopilus Sandy
Editor: Fritz V Wongkar

LEAVE A REPLY