Tedong Bonga atau kerbau belang, hewan khas milik Toraja. [Foto: INT]

KabarToraja.com — Jelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan hadir pada Desember akhir tahun 2017, sejumlah persiapan dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten baik di Toraja maupun Toraja Utara.

Menariknya kehadiran Presiden RI ini bakal disambut dengan karnaval “tedong bonga” (kerbau belang), hewan yang disebut-sebut termahal dikarenakan harganya yang fantastis jika dijual setara dengan harga mobil.

Dikabarkan pula jika masing-masing Kecamatan di Toraja Utara akan menampilkan “tedong bonga” untuk dijadikan peserta defile dari daerah di 23 kecamatan di Toraja Utara. Bahkan kegiatan ini masuk dalam rangkaian even tahunan “lovely Toraja” 2017.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan sebelumnya mengatakan jika kehadiran Presiden Jokowi akan menambah semangat warga untuk terus berbenah dan berlomba dalam menunjukkan potensi yang ada di wilayahnya. Ditambah dengan budaya yang dimiliki warga Toraja yang unik mulai dari pesta adat kematian “Rambu Solok” hingga prosesi adat Rambu Tuka’ atau kerap disebut syukuran peresmian rumah adat atau syukuran pesta panen.

Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Toraja memang menarik perhatian dunia, untuk itu kehadiran Presiden RI ke Toraja merupakan hal yang dimungkinkan menyita perhatian dunia, hingga wisatawan mancanegara terus berdatangan. Kalatiku berharap agar kehadiran orang nomor 1 di Indonesia tersebut menarik wisatawan asing dan domestik terus bertambah tiap tahunnya.

“Jelasnya yakin kalau pak Presiden datang di Lovely December dan hadir di Natal Oikumene, untuk itu kita sudah persiapkan semua”kata Kalatiku Paembonan dalam keterangan persnya.

Keyakinan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan akan hadirnya Jokowi dikabarkannya jika ada pertemuan di Sekretarian Negara pada awal Desember 2017 mendatang.

Untuk diketahui pula jika Presiden RI tersebut hadir, maka Jokowi merupakan Presiden Indonesia yang ketiga telah menginjakkan kakinya di Toraja. Sebelumnya yang pernah menginjakkan kakinya di Toraja yakni Presiden Soeharto, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Lovely Toraja juga bakal menghadirkan 12 even pada akhir tahun 2017 diantaranya Festival Kuliner Tradisional, Show dan Tandem Paralayang, Festival Sendratari Cerita Rakyat, Pameran Ekonomi Kreatif, Pasta Panduan Suara Natal, Festival Kopi, Ringroad Chrismas Adventure Toraja,perayaan Natal Oikumene, Festival dan Kontes Kerbau, Karnaval Budaya, Festival Seni dan Budaya Toraja, Toraja Ultra Scenic Run serta penutupannya diramaikan Festival Kembang Api.

LEAVE A REPLY