Kalatiku Paembonan melakukan penanaman bibit kopi di Kapala Pitu, Toraja Utara. [Foto: Diskominfo Torut]

KabarToraja.com — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar penanaman kopi arabika secara massal. Kegiatana ini digelar di Lembang Benteng Mamullu Kecamatan Kapala Pitu dilaksanakan hari ini, Jumat 29 Desember 2017.

Penanaman kopi arabika dilakukan pimpin oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan yang didampingi oleh Wakil Bupati, Yosia Rinto Kadang serta Turnip selaku Kepala Dandim 1414 Tana Toraja turut hadir untuk menanam bibit.

Kalatiku Paembonan juga mengapresiasi kegiatan positif ini dapat terus dikembangkan, dimana Toraja sangat terkenal dengan kopi. Untuk itu ia meminta masyarakat lebih giat membudidayakan kopi Toraja. Bahkan Kalatiku memiliki keinginan jika Toraja dijadikan Kabupaten Kopi.

“Kami akan terus menanam kopi sebanyak mungkin untuk memperkokoh identitas Toraja Utara sebagai kabupaten Kopi yang dapat diandalkan di Toraja Utara” ujar Kalatiku Paembonan.

Kalatiku Paembonan meyakini bahwa kopi selain menjadi identitas juga mampu menambah pendapatan masyarakat. “Penanaman kopi ini menjadi awal keseriusan Toraja Utara untuk mejadi kabupaten produsen kopi dan kita meyakini bahwa kopi dapat menambah pendapatan masyarakat” tambah Kalatiku Paembonan

Untuk diketahui jika bibit kopi yang ditanam secara massal berjumlah 10.500 bibit diberikan kepada 4 kelompok tani di kecamatan Kapala Pitu.

Kepala seksi Produksi Dinas Pertanian, Yulius Kendek menyatakan bahwa Dinas Pertanian akan mengawasi perkembangan penanaman kopi.

“Untuk pengawasan, pembagian pupuk dan pemangkasan akan kami pantau langsung ke tiap-tiap kelompok yang telah diberikan bibit” ujar Yulius. [RLS]

LEAVE A REPLY