Foto Bersama CT ARSA Fundation, Pemda Tator bersama siswa siswi SDN 206 Tallepon, Bittuang.

KabarToraja.com — Yayasan yang didirikan oleh Chairul Tanjung yakni CT ARSA Fundation akhirnya memebrikan perhatian khusus terhadap sekolah yang dulunya beralaskan tanah SDN di 206 Tallepon, Lembang Kandua’, Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.

Sekolah tersebut mendapatkan bantuan dengan dibangunnya sekolah yang layak untuk anak-anak yang berada di kelas jauh SDN 206 Tallepon tersebut. Diberitakan KabarToraja.com pada 8 Februari 2018 lalu jika sekolah tersebut diberi judul “Duh..!! Masih Ada Sekolah Beralaskan Tanah di Toraja” dan akhirnya kini mulai mengalir berbagai bantuan di sekolah yang sebelumnya hanya berukuran 7x 4 meter dan berdinding papan.

Sebelumnya bantuan dan peninjauan terlebih didahului oleh Kapolres tana Toraja, AKBP Julianto Sirait yang secara spontan melakukan perbaikan sekolah tersebut bersama dengan anggota Polres Tator lainnya. Tak hanya itu ia pun menginstruksikan anggotanya untuk mengajar beberapa siswa di sekolah tersebut.

Bantuan untuk sekolah SDN Tallepon di Bittuang ini tidak hanya berupa alat tulis dan peralatan belajar mengajar lainnya. Namun yayasan yang didiirkan Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi RI, Chairul Tanjung bersama istrinya yakni Anita Chairul Tanjung ini juga berencana membangun sekolah layak untuk anak-anak di wilayah Bittuang dan sekitanya.

Pihak CT ARSA Foundation yang diwakili oleh Jemi Ngadiono mengatakan jika Toraja memang menjadi sasaran untuk mengembangkan dan berkomitmen untuk pendidikan. Dimana sebelumnya Ibu Anita Chairul Tanjung ini sempat ke Toraja pada Agustus 2017 lalu dan berkomitmen untuk mendirikan sekolah di Bumi Lakipadada tersebut.

“Ibu Anita berkomitmen untuk membangun Pendidikan di Tana Toraja, maka di pililah sekolah ini untuk di bangunkan sekolah yang layak, sehingga anak-anak di tempat ini tidak lagi belajar beralaskan tanah dan berdidinding papan”kata Jemi Ngadiono perwakilan CT ARSA Fundation yang diutus ke Tana Toraja.

Jemi juga menambahkan jika yayasan milik CT ini berkomitmen untuk membantu untuk membangun sekolah di Toraja dengan 3 Ruang Kelas Baru (RKB), satu ruang Guru dan toilet sehingga anak-anak bisa menjaga kebersihan.

Untuk diketahui jika CT ARSA Foundation menjadikan Tana Toraja sebagai daerah di Indonesia yang Pertama dari tiga wilayah tahun 2018 sebagai daerah sasaran pembangunan sekolah untuk 3 RKB satu ruang guru, sudah termasuk bangku meja dan alat tulis. Dua daerah lainnya yakni Sumba Barat yang akan di mulai di bulan Juli  dan Kalimantan Barat.

“Kalau ada informasi lagi tentang sekolah yang butuh bantuan silahkan disampaikan ke CT ARSA milik Yayasan Chairul Tanjung, dengan catatan tentu kita akan survei dulu.

Selain membangun sekolah CT ARSA Foundation juga punya Sekolah Unggulan seperti di Medan dan Solo dan aank-anak yang pandai-pandai dari beberapa daerah itu kita bawah ke SMA kita, dan ditanggung hidupnya selama kuliah. Dan kami juga punya Paud di Jakarta, jadi banyak juga yang kita kerjakan di CT ARSA Fundation, mudah-mudahan 2-3 bulan kedepan bangunan Kelas Jauh SDN 206 Taleppon sudah bisa selasai”jelas Jemi Nadionao. Rabu 14 Maret 2018.

Dalam kunjungan dan pemberian bantuan kepada Kelas Jauh SDN 206 Taleppon dari CT ARSA Fundation mendapat bantuan 3 RKB, sekaligus di tandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, didampingi pihak CT ARSA Foundation Jemi Ngadiono, Camat Bittuang BR. Tangibali, Kepala Sekolah SDN 206 Taleppon serta Kepala Lembang Kandua’.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, Anton Toding, mengatakan jika rasa syukur dan memuji Tuhan jika pada dua hari yang lalu penyerahan akte hibah dari keluarga Tongkonan
dimiliki.

“Puji Tuhan akte hibah dari keluarga Tongkonan sudah ada, sehingga untuk melakukann pembangunan sekolah ini tidak ada halangan lagi untuk kita lanjutkan.

Tentunya selaku masyarakat Bittuang secara khusus di Lembang Kandua’ Kecamatan Bittuang kita berterima kasih karena mendapat perhatian dari CT ARSA Foundation milik Yayasan Chairul Tanjung, ini luar biasa” kata Anton Toding.

Menurut Anton Toding bahwa biasanya bantuan dari Pemerintah Daerah hanya dua RKB, tetapi ini CT ARSA Foundation Yayasan milik Chairul Tanjung memerikan 3 RKB, tentu kita patut bersyukur bahwa Tana Toraja mendapat bantuan RKB dari CT ARSA.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya mengatakan jika berterima kasih terhadap yayasan milik CT dan sebagai pemerintah daerah menyambut hangat program yang sangat membantu pendidikan di Tana Toraja.

[caption id="attachment_1415" align="aligncenter" width="392"] Peletakan Batu Pertama untuk ruang kelas dan ruang guru di SDN 206 Tallepon[/caption]

“Karena itu saya atas nama Pemerintah menyambut hangat akan program CT ARSA Fundation yang merupakan bantuan atau program yang begitu gemilang, atau penuh ketulusan dan keiklasan di dalam membuka peluang bagi anak-anak kelas jauh Taleppon untuk menjadi anak bangsa di Toraja yang cerdas”tandas Bupati Nicodemus.

Nico juga diakhir sambutannya menyerahkan bantuan Tabanas pendidikan untuk 44 murid kelas jauh SDN 206 Taleppon dan bantuan sepatu sekolah yang semuanya berasal dari pos Dana Prestasi Pemda Tana Toraja.

Tidak hanya itu Bico meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja agar murid Kelas jauh SDN 206 Taleppon mendapatkan pendidikan dalam bentuk Akselerasi Pendidikan atau Pendidikan yang Berkarakter dengan penekanan hanya pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung.

Penulis: Andarias
Editor: Fritz V. Wongkar

LEAVE A REPLY